Pintu Ruangan Bendahara Dishub Butur Dijebol OTK, Wabup Butur Tegaskan Akan Lakukan Evaluasi

Yus Asman

BUTON UTARA, Sibersultra.id – Pintu ruangan Bendahara Dinas Perhubungan Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), dijebol oleh orang tak dikenal (OTK), kejadian itu diketahui pada, Selasa (01/08/2023) siang, sekitar pukul 02:00 Wita.

Dengan peristiwa ini pertanda bahwa Area perkantoran Butur di wilayah Bumi Sarae kurang kondusif dan insiden ini sudah berseliweran di berbagai group whatsapp.

Saat dikonfirmasi, Bendahara Dinas Perhubungan Butur, Adiyatma mengungkapkan kondisi pintu ruangan dirusaki tersebut, ia ketahui dari rekan sekantornya.

“Teman dikantor yang sampaikan kesaya, dia heran dia pikir saya sudah pulang dari kendari, karna dia liat pintu terbuka tapi setelah dia cek pintu itu terbuka dengan tidak normal alias di jebol,” Kata Adiyatma saat dihubungi via whatsapp, Selasa (01/08/2023).

Atas kejadian itu, Adiyatma mengatakan untuk saat ini belum ada niat untuk melakukan pelaporan kepihak yang berwajib, karena ia menduga kuat yang melakukan itu yang ada di internal dinas perhubungan itu sendiri.

BACA JUGA:  Saksi Mangkir ke Persidangan Advokat Natalia Rusli, Wilson Lalengke: Hakim Harus Tegas Menegakkan Keadilan

“Karna saya punya keyakinan bukan orang dari luar pasti teman-teman dikantor,”pintahnya.

Kata dia, kalau yang lakukan pengrusakan itu adalah pencuri sudah pasti PC yang ada diruanganya sudah pasti berangkat dengan sebuah lagu atau di ambil.

“Mungkin ada teman-teman dikantor yang lagi tes-tes tenaga dalamanya hanya salah sasaran dia tes di benda mati,”bebernya.

Sementara itu, Saat dikonfirmasi via telepon seluler, Wakil Bupati Butur Ahali, membenarkan adanya peristiwa tersebut, namun belum memonitoring, karena masih berada di luar daerah.

“Maaf bro,,saya lagi berada di luar daerah saya belum monitor kronologis kejadiannya, namun kalau peristiwa itu benar adanya,”kata Mantan Kasubdit Industri Perdagangan Dit Reskrimsus Polda Sultra ini, kepada Sibersultra.id, Selasa (01/08/2023) malam.

BACA JUGA:  Pemda Butur Bersama Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu

Mantan Kapolsek Kulisusu ini mengatakan bahwa ada dua hal yang perlu di evaluasi yaitu terkait pembinaan personil secara ke dalam bagaimana Hubungan tata cara kerja antara pimpinan dan bawahan.

Karena yang dirusak adalah ruangan bendahara kemungkinan ada hak – hak aparatur yang tidak mencair dan yang kedua adalah penerapan sistim pengamanan tidak efektif dan tidak pernah di kontrol secara berjenjang.

“Sepengetahuan saya setiap Dinas ada penjaga malam dan insa Allah kalau kejadian ini betul nanti saya akan melaporkan ke pa Bupati sebagai pimpinan tertinggi di Pemda untuk dilakukan Evaluasi secara menyeluruh, dan akan kita cari predikat craimnya apa di balik kejadian ini,”tegasnya.

Mantan Kasat Reskrim Wakatobi ini menjelaskan peristiwa itu merupakan kehormatan Pemerintah, dan hal ini tidak bisa di biarkan harus ada tindakan baik secara pidana, disiplin maupun administrasi.

BACA JUGA:  Agus Flores Berharap Tambang Ilegal di Kalimantan Segera Dituntaskan Polisi

“Karena ini ukuran tanggung jawab sebagai pemimpin di sektor yang bersangkutan,”ujarnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Butur, Tayeb mengungkapkan terkait pengrusakan itu akan melakukan evaluasi untuk mencari tau siapa yang menjadi pelakunya.

“Kalau pelakunya seorang pegawai dalam lingkup Dishub butur maka akan diberikan sanksi tegas,”tegasnya.

Laporan: Man.

Total Views: 865 ,

Comment