Anggota DPR RI Ridwan Bae Desak Gubernur Sultra Perhatikan Infrastruktur Jalan

Yus Asman

KENDARI, SiberSultra.id – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir Ridwan Bae mendesak Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) agar Memperhatikan dengan serius infrastruktur jalan yang ada di wilayahnya.

Ridwan Bae menilai Gubernur Sultra gagal dalam aspek pengawasan dan penanganan infrastruktur jalan di wilayahnya.

Kondisi jalan mulai dari Kabupaten Buton, Kabupaten Konawe dan beberapa ruas jalan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) seperti di Kecamatan Angata dan Laeya masih rusak parah.

Menurut Ridwan Bae, hal itu karena kurangnya aspek monitoring pengawasan dan penanganan infrastruktur jalan sehingga mengakibatkan rusak parah.

Kata dia, terutama jalur penghubung antar kabupaten di Sultra yang kerusakannya sangat parah beberapa tahun itu cenderung membuktikan bahwa Gubernur Ali Mazi nyaris gagal total.

BACA JUGA:  Terkait Perbaikan Jalan Rusak di Sejumlah Provinsi, Presiden: Sudah Dimulai

“Dari segi monitoring pengawasan dan penanganan pada ruas jalan yang rusak parah yang sudah menjadi kewenangan provinsi ini nyaris gagal total,” ungkap Ridwan Bae yang juga merupakan anggota fraksi Golkar DPR RI melalui Whatsappnya, Minggu (07/05/2023).

Dirinya juga menilai cenderung tidak serius menuntaskan penanganan longsornya jalan di Anduna Kecamatan Laeya Kabupaten Konsel.

“Lokasi tersebut sudah tidak bisa dilalui mau memutar jelas sangat jauh dan itu menghambat serta memakan waktu,”ungkapnya

Ridwan Bae mengungkapkan seperti untuk jalur ekonomi ke berbagai daerah di Kabupaten Bombana dan lainnya. Pembangunan Jalan itu tujuannya untuk melancarkan jalur ekonomi, agar masyarakat dapat mengembangkan usahanya.

BACA JUGA:  Erick Tohir Diminta Terbitkan Garansi Publik Mutu Kerja PT. WIKA di Bendungan Ameroro

“Ini sudah menjadi kunci utama biaya logistik itu sangat bergantung, baik tidaknya kondisi infrastruktur jalan di Sulawesi Tenggara,” terangnya.

Selain itu ia juga menyoroti kinerja Ali Mazi. Salah satunya terkait pembangunan gedung Kantor Gubernur yang menelan anggaran Ratusan Milyar.

“Seandainya dana tersebut digunakan untuk Jalan berapa puluh Kilometer dan mungkin Ratusan kilometer yang terbangun dan jelas azas manfaat sangat berguna bagi pembangunan ekonomi di daerah,” Katanya.

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan apakah ia harus sidak bersama Presiden dan unsur Kementerian PUPR seperti di Lampung agar pembangunan jalan ditangani di Sulawesi Tenggara.

“Penghubung jalan Kabupaten yang ditangani saat ini yaa banyak rusaklah apalagi di musim penghujan ini.Jadi tolonglah agar Gubernur Ali Mazi dapat menindak lanjuti jalan-jalan Penghubung Provinsi, mumpung masih ada waktu sebelum habis masa jabatan,” tutup Ridwan Bae.

BACA JUGA:  Pertama Kali, Tiga Mahasiswa Dari PGSD Unsultra Lulus Dalam Program PMM dari Kemendikbud

Laporan: Asman.

Total Views: 632 ,

Comment