Banjir Bandang Terjang Desa Wantulasi, 9 Rumah Mengalami Kerusakan

Yus Asman

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Banjir bandang menerjang Desa Wantulasi, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton utara (Butur) mengakibatkan dua rumah warga mengalami rusak berat dan tujuh rumah warga mengalami rusak ringan.

Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Butur Rafli Setiawan mengungkapkan bencana banjir terjadi akibat Hujan turun dengan itensitas tinggi sehingga membuat air Kali wilayah timur Desa Wantulasi Meluap dengan kekuatan arus diatas rata-rata.

BACA JUGA:  Gempa Bumi Guncangkan Gorontalo Berkuatan 5,6 M dan Tidak Potensi Tsunami

“Sehingga arus banjir melanda beberapa rumah masyarakat yang berada dipesisir Kali maupun pesisir pantai,” kata Harsal melalui Pers Rilisnya.Kamis (22/9/2022).

Rafli menjelaskan banjir sampai mengairi rumah masyarakat dengan ketinggian air kurang lebih 1 meter, air yang bercampur lumpur menggenangi rumah masyarakat.

“Sampai detik ini masih dilakukan proses pembersihan,” ucapnya.

Sementara itu dirinya mengungkapkan saat ini Untuk yang terdampak banjir Belum ada tempat pengungsian, masyarakat yang berada di sekitaran Kali masih memilih untuk tetap tinggal di rumahnya.

BACA JUGA:  Seekor Buaya Berukuran Besar Muncul di Pelabuhan Lasora

“Adapun kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh warga yang terdampak banjir yaitu Air bersih, obat-obatan, perlengkapan perabot rumah tangga dan Sembako,” tutupnya.

 

Sumber: Harsal Relawan PMI Butur, Kecamatan Wakorumba Utara.

Total Views: 377 ,

Comment