Bentuk Generasi Pemimpin, HMPS PGSD Unsultra Gelar Kegiatan Baksos dan Pendidikan Karakter

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, Kendari – Himpunan mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar, universitas sulawesi tenggara (HMPS PGSD Unsultra) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dan pendidikan karakter yang ke-VI guna menciptakan Regenerasi Pemimpin bagi mahasiswa baru prodi PGSD, Minggu (07/01/2024).

Kegiatan tersebut dengan mengakat tema “Membentuk Generasi Pemimpin yang Berkarakter, Kreatif, Berjiwa Humanis Untuk PGSD di Era Modern” yang berlokasi di camping ground, andonohu, kota kendari pada tanggal 6 sampai 7 Januari 2024.

Bakti sosial dan pendidikan karakter merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus hmps dan berlangsung setiap tahun sekali. Kegiatan ini merupakan wadah pembekalan setiap mahasiswa baru prodi PGSD dalam upaya melahirkan generasi yang memiliki karakter pemimpin.

Kegiatan berlangsung mulai pada pagi hari panitia dan peserta berangkat ke lokasi, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan yang dibuka secara resmi oleh dekan FKIP unsultra Dr. Anidi dan beberapa kegiatan seperti pengadaan games, serta pemberian edukasi atau motivasi kepada peserta sebelum penerimaan materi.

Kegiatan ini bertujuan sesuai dengan tema, yakni membentuk generasi pemimpin mereka adalah mahasiswa baru PGSD, sebagai upaya membentuk karakter, daya kreatif serta humanis di era modern sekarang ini.

BACA JUGA:  Hadirkan Sanitasi Yang Baik, Pemkab Buton Utara Menggelar Pelatihan EHRA

Melalui sambutannya Dr. Anidi mengucapkan, terima kasih kepada pengurus hmps PGSD, menurut nya kegiatan ini merupakan proses perkaderan atau pencerdasan, kegiatan ini merupakan konsep hakikat aktivitas iman dan ilmu dan tempat mengenal satu sama lain.

Ia juga menambahkan mahasiswa adalah agen of change bahwa mahasiswa itu pusat kongkrit kebenaran sehingga mahasiswa tidak berhenti belajar.

“Dibaju nya terdapat tulisan agen of change sehingga saya berpikir bahwa mahasiswa itu adalah pusat kongkrit kebenaran, sehingga apa yang ada di dalam kampus adalah proses pengajaran jangan berhenti untuk belajar karna didalam kampus itu hanya 25 persen, 75 persen itu dicari di luar,” ungkapnya.

Dari pantauan media sibersultra.id kegiatan ini berjalan dengan lancar mulai dari pemberangkatan pada pagi hari, tempat kegiatan, serta kerja sama antar panitia penyelenggara, dan tidak kalah penting panitia selalu mengantisipasi sebelum hal-hal yang tidak diinginkan.

Ditempat yang sama, Ketua panitia, Muh. Rasad Adriansah mengatakan, sebanyak 86 peserta yang tergabung dalam kegiatan, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan kegiatan.

“Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 86 orang, selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak-pihak yang banyak berkontribusi dalam menyukseskan, dalam hal ini dekan fkip unsultra, alumni atau senior pgsd, panitia kegiatan, dan juga peserta, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik” Kata dia.

BACA JUGA:  Sekab Konsel Apresiasi Peran PPWI Sultra Sebagai Jembatan Informasi Publik

Sebelum menutup sambutannya, Rasad berharap, kepada mahasiswa baru dalam hal ini peserta kegiatan untuk bisa membantu dan berkontribusi ke masyarakat melalui astafet kepemimpinan.

“Dalam penyelenggaraan kegiatan ini saya berharap kepada adik”023 betul” dapat membantu masyarakat dan bisa berkontribusi dalam memegang tongkat estafet kepemimpinan untuk kedepannya,” tutupnya.

Sesudah pembukaan panitia mengadakan beberapa kegiatan seperti games dan pemberian edukasi atau motivasi kepada peserta sebelum penerimaan materi nantinya.

Muh. Nur Alam selaku ketua HMPS PGSD periode 2023-2024 mengatakan, dalam kegiatan ini merupakan tempat belajar baik peserta maupun panitia.

“Tema kegiatan ini tentang generasi pemimpin yang berkarakter, kreatif, dan humanis artinya kegiatan ini menjadi tempat kita belajar bukan hanya peserta namun panitia juga disini belajar baik dalam proses penyelenggaraan hingga berjalan sesuai tujuan dan lancar,” ujarnya.

Senada dengan itu, Sekretaris HMPS PGSD Windi Putri Handana mengatakan, kepada peserta ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan kepada orang disekeliling karna ilmu bukan hanya ada di dalam kampus tapi juga di luar.

BACA JUGA:  Rekam Digital Agus Flores, Ternyata Eks Anak Buah Hercules yang Disegani di Morowali

“Kepada peserta kegiatan ilmu yang ada disini jangan hanya di bungkus disini saja tapi kalian juga implementasi kan di teman-teman, keluarga, dan masyarakat yang ada di sekeliling kalian karna ilmu bukan hanya di perkuliahan tapi juga di luar,” tuturnya.

Disesi akhir kegiatan dekan FKIP Unsultra menyerahkan tanda kepada peserta kegiatan bakti sosial dan pendidikan karakter ke-VI sebagai bentuk resmi peserta serta resmi terhimpun dalam keanggotaan hmps PGSD Unsultra.

Laporan : Arjun.

Editor: Redaksi.

Total Views: 2999 ,

Comment