Berantas Radikalisme, Kerja Sama Kunci Keberhasilan

Yus Asman

JAKARTA, Sibersultra.id – Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia Prof. Dr. Dedi Prasetyo, membedah buku berjudul Radikalisme Terorisme dan Deradikalisasi di Indonesia. Buku ini mengabadikan kerja keras Polri dan pihak-pihak terkait dalam menangani terorisme.

“Buku ini mengabadikan kerja keras Polri dan pihak-pihak terkait dalam menangani terorisme, mengupas tentang terorisme dan soft deradikalisasi untuk memperkaya pemahaman pembaca,” ungkap As SDM dalam sambutannya, Rabu (12/07/2023).

BACA JUGA:  Ketua Umum PPWI Kecam Aksi Penganiayaan Terhadap Wartawan Tomohon

Menurut As SDM, dibutuhkan intervensi untuk mencegah perkembangan paham radikalisme. Sebab, Indonesia merupakan negara yang memiliki heterogenitas tinggi adanya intoleransi yang dapat melahirkan paham radikal dan dapat berujung pada aksi terorisme.

Salah satu bentuk intervensi yang dapat dilakukan, jelas As SDM, adalah pencegahan melalui pengembangan kearifan lokal yang kontra ideologi radikalisme dan terorisme.

BACA JUGA:  Peseteruan Menkopolhukam dan Menteri Keuangan, Sebut Mahfud MD "Pembohong"

“Untuk merealisasikan hal ini, dibutuhkan kerja sama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat,” ujar mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

Total Views: 669 ,

Comment