Bersama Dinas Pariwisata Butur, Poltekpar Bali Menggelar Bimtek Pengolahan Bahan Pangan Lokal Menjadi Produk Unggulan

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) pengolahan bahan pangan lokal menjadi produk unggulan berbasis kewirausahaan di Butur.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Butur Mansur, yang diselenggarakan tepatnya di salah satu hotel di Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Butur.Kamis (1/12/2022).

Diketahui, Poltekpar Bali merupakan salah satu lembaga pendidikan perhotelan dan kepariwisataan di Pulau Dewata yang terus berupaya mengimplementasikan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Bimbingan Teknis di Kabupaten Buton Utara.

Kegiatan itu,diselenggarakan agar mampu memberikan manfaat kepada masyarakat lokal untuk lebih memanfaatkan keberadaan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Buton Utara.

BACA JUGA:  Genpan Sultra Adukan PT. AMM di Kejari Konawe

Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki mampu menghasilkan bahan makanan yang memiliki potensi untuk diolah menjadi produk unggulan berbasis kewirausahaan.

Sementara itu, Program Studi Manajemen Tata Boga ditunjuk untuk memberikan bimbingan Masyarakat Buton Utara dalam mengolah bahan pangan lokal, sehingga memiliki suatu keunggulan yang diharapkan memberikan manfaat eknomis di masa mendatang.

Ketua Panitia A.A Gd Putra KP Dalem menyatakan pelaksanaan bimbingan teknis ini merupakan bentuk implementasi MoU yang telah dilakukan antara Politeknik Pariwisata Bali dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Utara serta bentuk implementasi dari MoA.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi Masyarakat Buton Utara untuk mengenal berbagai jenis olahan makanan dari bahan pangan lokal sehingga dapat memaksimalkan kemanfaatan bahan pangan lokal sebagai produk unggulan yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan dan minat berwirausaha sehingga mampu menopang perekonomian masyarakat Buton Utara di masa mendatang,” tegasnya.

BACA JUGA:  Peringati Hardiknas, Bupati Butur Ridwan Zakariah Beri Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi

Menurut KP Dalem, kegiatan ini menjadi suatu kebangaan bagi para dosen MTB bisa berbagi pengetahuan dengan Masyarakat Lokal Buton Utara.

“Para peserta memiliki antusiasme yang tinggi dalam mengikuti program bimbingan teknis ini,” ungkapnya.

Kata dia, Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk memasak dan menampilkan makanan tradisional Buton Utara pada saat kegiatan yang kemudian di evaluasi oleh para pembimbing untuk disempurnakan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan menarik minat pembeli.

BACA JUGA:  Sukseskan Liga Alumni SMANSAKU Jilid VI, Panitia Penyelenggara Gelar Bazar di Raja Jin

“Termasuk wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kabupaten Buton Utara,” tutupnya.

 

Laporan: Arifin

Total Views: 309 ,

Comment