News  

Bersama Tim Inflasi Daerah, Wabup Butur Tinjau Harga Sembako di Pasar Minaminanga

Yus Asman

BUTON UTARA, SiberSultra.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra), menggelar rapat persiapan survei harga sembilan bahan pokok (Sembako) untuk Kebutuhan Masyarakat di pasar Mina-minanga, Kecamatan Kulisusu.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Butur Ahali di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Butur.Rabu (29/03/2023).

Ikut hadir dalam rapat itu, Pasi Ter Kodim 1429 Butur, Kepala BPS Butur, Kadis Perindag, Kadis Pertanian, Kadis Koperasi, Kadis Perhubungan, Camat Kulisusu, Kepala Bulog Ereke, yang mewakili Dinas Ketahanan Pangan, Kabid Pol-PP dan Bagian Ekonomi Setda.

Dalam rapat itu Wakil Bupati Butur Ahali, menyampaikan pada peserta rapat untuk segera mengambil langkah-langkah terkait adanya lonjakan kenaikan harga sembako di Buton Utara.

BACA JUGA:  Koalisi Lintas Lembaga Demo Mega Proyek di Bone, Kontraktor Ancam Represif

“Jadi hari ini kita turun survei harga dipasar Mina-minanga untuk memastikan bahan pokok makanan apa yang melonjak naik sangat tinggi,” kata Ahali

Ia juga mengatakan, pihaknya akan melakukan wawancara langsung dengan para pedagang di pasar Mina-minanga apa yang menjadi penyebab kenaikan harga.

“Kita akan melakukan wawancara langsung dengan penjualnya kenapa ada kenaikan harga, apa penyebabnya, apakah bahan pokok langkah dipasar ataupun disebabkan oleh akibat tranportasi dan harga distributor juga naik,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Diberitakan Gelapkan Anggaran, Ini Jawaban Kadis PU Kabupaten Sorong

Usai memimpin rapat, Ahali bersama Tim Inflasi Daerah turun langsung di pasar Mina-minanga untuk mengontrol kestabilan harga Sembako.

Adapun hasil temuan komoditi yang menonjol harga yaitu beras, telur dan cabe, untuk itu Ahali yang juga mantan Kasubdit Indag Polda Sultra menekan kepada penjual agar tidak memainkan harga sembako.

“Jaga kestabilan harga dan jangan ada yang menimbun. Dan Bulog agar segera mengadakan beras untuk membantu masyarakat

Sedangkan Dinas Deperindag tetap memonitor terkait kestabilan harga,” tegasnya.

Ahali menyebut, tiga komoditi yang harganya melonjak naik, Pemerintah Daerah Butur telah mengantisipasinya dengan mengadakan pasar murah.

BACA JUGA:  Mahfud MD : Jurnalis Teman Pemerintah, Pekerja Jurnalis Jangan Diganggu

“Dalam menjaga kestabilan harga Sembako di Butur Pemerintah Daerah bekerja sama dengan aparat TNI-Polri,” terangnya.

 

Laporan: Redaksi.

Total Views: 382 ,

Comment