Buka Diklatsar KSR PMI Butur, Ahali Imbau Agar Ikhlas Dalam Melaksanakan Misi Kemanusiaan 

Yus Asman

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buton Utara resmi menggelar pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Korps Suka Rela (KSR) angkatan Ke lima tahun 2022.

Kegiatan Diklatsar yang digelar mulai dari tanggal 3 sampai 7 September tersebut, dibuka secara resmi Wakil Bupati Butur Kompol Purn Ahali bertempat di markas PMI Butur, Kecamatan Kulisusu.sabtu (3/9/2022).

Dalam Sambutanya Wakil Bupati Butur, Ahali Mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, cekatan dan responsif sehingga dapat mengambil langkah yang tepat dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Upaya ini merupakan langka PMI Butur untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas untuk memberikan edukasi secara kongkrit dilapangan,” ucapnya.

Dikesempatan itu Ia menjelaskan Relawan PMI Butur telah banyak berpartisipasi dalam aksi kebencanaan baik tingkat daerah maupun nasional.Kata dia, Pada bencana.

BACA JUGA:  Mahasiswi UT Semester Akhir Caleg Termuda Perempuan Dari Partai Bulan Bintang

nasional awal tahun 2021 PMI Butur mengutus 7 Orang Ralawan untuk misi Kemanusiaan di Mamuju, Sulawesi Barat dengan membawa logistik sebanyak 3 Ton dengan melewati perjalanan darat 3 hari 3 malam.

“Selanjutnya melakukan berbagai kegiatan, antara lain pendataan asessmen, dapur umum dan distribusi bantuan,” tuturnya.

Ahali yang juga selaku Ketua PMI Butur ini Menuturkan adapun target ke depan adalah penyediaan Bank darah untuk pemenuhan kebutuhan layanan darah bagi masyarakat Buton Utara. mengingat jarak Unit Donor Darah PMI Provinsi Sulawesi Tenggara dan Unit tranfusi darah PMI Buton sangat jauh.

“Untuk itu kami mohon dukungan semua pihak terkait untuk mewujudkan adanya bank darah di Buton Utara,” harapnya.

BACA JUGA:  Penutupan Ikor Cup II Dirangkaikan Dengan Dies Natalis Ilmu Keolahragaan yang ke-7

Kata dia, Dengan adanya Diklatsar Korps Suka Rela PMI Butur dapat wawasan pengetahuan terutama dalam memahami 7 prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah internasional sebagai acuan utama dalam melaksanakan misi kemanusiaan.

Ahali, juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Butur menyambut baik dengan diadakannya Diklatsar tersebut, ia harapkan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi kemanusiaan.

Dirinya juga tidak lupa menyampaikan kepada seluruh pengurus, PMI Butur bahwa sebagai pengurus tidak memperoleh gaji atau upah karena orientasinya hanya kepada kemanusiaan dan pelayanan publik.

“Maka dari itu saya harapkan untuk senantiasa ikhlas dalam melaksanakan misi kemanusiaan tersebut,” tutupnya.

Diwaktu yang sama Sekretaris dan Kepala markas PMI Butur Rafli Setiawan mengharapkan dengan kegiatan Diklatsar tersebut dapat Terbangun solidaritas dan totalitas kemanusiaan,Memupuk dan menumbuhkan jiwa kemanusiaan Serta Terciptanya tenaga kepalangmerahan yang berada dalam keadaan siaga.

BACA JUGA:  Kades Kadacua Bardimin Nahkodai APDESI Butur Periode Tahun 2023-2028

“Adapun peserta Diklatsar KSR tahun ini diikuti sebanyak 30 orang dari perwakilan desa dari 6 kecamatan yang ada di Butur,” ungkapnya.

 

Laporan: Redaksi.

Total Views: 746 ,

Comment