Daerah  

Buka Konsultasi Penyusunan KLHS Revisi RTRW, Ahali Imbau Peserta Berikan Saran yang Membangun

Yus Asman

BUTON UTARA, SiberSultra.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melalui dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUPR) Butur menggelar rapat kegiatan konsultasi publik I penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Butur.

Kegiatan konsultasi publik I tersebut di buka resmi oleh Wakil bupati butur, Ahali yang bertempat di Aula hotel Sara’ea, Kecamatan Kulisusu, Butur. Senin (12/06/2023).

Dalam sambutannya, Ahali mengungkapkan bahwa secara harfiah KLHS merupakan rangkaian analis yang sistematis, menyeluruh, dan patisipatif untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Dapat disimpulkan bahwa dokumen KLHS revisi RTRW butur ini bertujuan untuk memastikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam kebijakan, rencana dan program (KRP) revisi RTRW butur,” kata Ahali

BACA JUGA:  Dedu Purnomo Siap Maju Pilkada 2024, Warga: Dedu Salah Satu Putra Daerah Terbaik

“Jadi sangat jelas bahwa untuk melangkah ke tahapan atau proses selanjutnya hasil kajian ini sangat dibutuhkan,”sambungngya.

Kata dia, Nantinya hasil kajian yang telah difinalisasi oleh tim penyusun dalam hal ini tim Pemerintah Daerah yang didampingi oleh tenaga ahli akan divalidasi di dinas lingkungan hidup provisi Sulawesi Tenggara.

“Hasil validasi inilah yang akan menjadi tiket dalam pelaksanaan persetujuan subtansi revisi RTRW Butur,” jelasnya.

BACA JUGA:  Resmi Dilantik Oleh Bupati Konawe, Ini Harapan Kades Besu Terpilih Saprul

Mantan Kapolsek Kulisusu ini membeberkan bahwa Berdasarkan berbagai uraian sudah dapat disimpulkan kegiatan inj merupakan hal yang sangat penting dalam memberikan masukan terhadap penetapan kebijakan pembangunan daerah.

Sehingga perumusan dan pengambilan kebijakan pemerintah oleh kepala daerah secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan daerah dan masyarakat.

Oleh karena itu Dirinya mengharapkan seluruh peserta ikuti kegiatan dengan selesai dengan memberikan saran dan masukan yang membangun berupa penjaringan isu pembangunan berkelanjutan.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah kepentingan daerah yang kita cintai dan akan menjadi amal jariah bagi kita sekalian,” tutup Ahali.

BACA JUGA:  Menyongsong Hari Guru Nasional ke 78, PW PGSI Wakatobi Gelar Lomba Literasi

Laporan: Redaksi.

Total Views: 344 ,

Comment