Daerah  

Buka Sosialisasi KKS Tingkat Butur, Ahali Butuhkan Komitmen Para Pihak 

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Wakil Bupati Buton Utara (Butur) Kompol (Purn) Ahali Membuka dengan resmi Sosialisasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat Kabupaten Butur tahun 2022, bertempat di Hotel HB Kulisusu.Senin (19/12/2022).

Dalam Sambutannya Ahali mengungkapkan bahwa Pembangunan lingkungan kota sehat merupakan keharusan untuk mewujudkan kesejahteraan warga dan Sistem layanan kesehatan yang kuat dan responsif serta kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat semakin diperlukan.

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan Komitmen dari para pihak, khususnya pemerintah Kecamatan, Kepala Puskesmas (Kapus), serta Pemerintah Desa dan Kelurahan sebagai penggerak hidup sehat di tengah masyarakat.

BACA JUGA:  BNNP Aceh Musnahkan 1,4 Kilogram Sabu dan 39 Kilogram Ganja

Ahali mengatakan, Pada prinsipnya program penyelenggaraan Kabupaten atau Kota sehat bukan milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik instansi terkait termasuk peran aktif seluruh lapisan masyarakat yang ada di Daerah.

“Dituntut peran para Camat, Kapus dan pemerintah Desa Kelurahan untuk mendorong partisipasi warga dalam berperilaku hidup sehat,”tegas Ahali.

Lebih jauh, Ahali Mengajak semua lapisan masyarakat untuk menata kawasan lingkungan pemukiman menjadi sehat, mulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan lingkungan Desa dan Kelurahan.

“Mulai dari lingkungan kerja kita sendiri, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, hingga Kualitas kebersihan air juga harus di pastikan sehat untuk dikonsumsi,” Sambungnya.

BACA JUGA:  Dojo SMAS Kumbewaha Buton Sabet 5 Medali Dievent Piala Yudianto Mahardhika Cup III Konsel

Menutup sambutannya, Ia berharap, dengan sosialisasi kota sehat ini akan menghasilkan pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kabupaten Buton Utara yang lebih baik dan berkesinambungan.

Pada kesempatan yang sama Wa Ode Yuli Indriani, Selaku ketua panitia pelaksana kegiatan menyatakan tujuan terselenggaranya sosialisasi ini untuk mempercepat proses penyelenggaraan Kota sehat di Kabupaten Buton Utara dengan melibatkan lintas sektor.

Adapun narasumber yang hadir dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara I Kadek Sutomo, dan diikuti peserta dari unsur Tim Penggerak PKK, para Camat dan Kepala Puskesmas se-kabupaten Butur.

BACA JUGA:  Polisi Berhasil Amankan Lima Pelaku Cabul di Buteng, Satu Pelaku Masih Dalam Pengejaran

 

Laporan: Man

Total Views: 311 ,

Comment