Bupati Butur Lantik 39 Kades Terpilih Periode 2022-2028

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur) Dr.H.Muh Ridwan Zakariah,M.Si melantik dan mengambil sumpah jabatan kepada 39 Kepala Desa (Kades) Terpilih Periode 2022-2028 yang diselenggarakan di Aula Bappeda.Selasa (26/7/2022).

Bupati Butur Ridwan Zakariah Dalam Sambutanya mengungkapkan sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, maka pemerintah Desa sebagai unsur terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien.

“Pemerintah desa dituntut untuk lebih aspiratif, kereatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi dalam kehidupan masyarakat,”ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah desa menjadi salasatu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah. Dengan demikian, keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah sangat ditentukan pula oleh keberhasilan kepemimpinan Kepala Desa.

BACA JUGA:  Pemerintah Kecamatan Bonegunu Gelar Upacara Peringati HUT RI ke-78

Sejalan dengan semangat otonomi daerah, Ridwan Zakariah Himbau para kepala desa yang sudah dilantik dituntut untuk mampu memberdayakan sumber daya yang ada

“mampu mengelola dan mengeksplorasi potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, sekaligus kreatif serta inovatif mengembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber kesejahteraan masyarakat,”terangnya

Menurutnya Meskipun Desa memiliki kewenangan masing-masing dalam mengatur pemerintahannya, tetap harus disinergikan dengan program pemerintah yang diterima oleh Desa.

“Hal itu agar terhindar dari tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan dan terwujudnya keadilan antar wilayah di tingkat desa,”ucapnya

BACA JUGA:  Persahabatan Sepak Bola Desa Ulunambo dan Desa Bobolio Raya Resmi Digelar, Wabup Butur Ingatkan Junjung Tinggi Sportifitas

Maka dari itu Bupati Butur dua periode ini mengajak para kades yang baru saja dilantiknya untuk tidak hanyut pada eforia kemenangan, akan tetapi segera melaksanakan tugasnya sesuai dengan RPJMDES yang memuat visi-misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program.

“serta dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan yang ada didesanya,”ujarnya

Untuk diketahui, Pelantikan 39 Kades kali ini dihadiri Wakil Bupati Butur Ahali,SH,.MH,Ketua DPRD Butur Muh. Rukman Basri, SE.,Sekretaris Daerah Butur Muh. Hardhy Muslim,SH.,M.Si., Forkopimda Butur, Ketua TP. PKK Kabupaten Butur Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan, para Asisten dan Staf Ahli serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Se-kabupaten Butur.

BACA JUGA:  Dalam Rangka Harkamtibmas, Polsek Tallo Gelar Patroli Cipta Kondisi

 

Laporan: Man

Total Views: 642 ,

Comment