Daerah  

Ciptakan Desa Berintegritas, Pemkab Butur Gelar Sosialisasi Saber Pungli

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Pemerintah Daerah (Pemdah) Kabupaten Buton Utara (Butur) Menggelar Kegiatan Sosialisasi Sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda.Senin (5/12/2022).

Sosialisasi ini bertujuan untuk membentuk Desa Berintegritas Dalam Rangka Terciptanya Clean Government.Dimana Pemdah Butur Bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Muna, Polres Butur dan Kodim 1429 Butur.

Semangat pemberantasan Pungli bukan hanya faktor jumlah kerugian negara yang diakibatkan, akan tetapi lebih pada faktor kebiasaan tidak jujur yang patut dihilangkan.

Demikian Sambutan Bupati Butur Ridwan Zakariah yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Dra.Muliana saat membuka resmi kegiatan Sosialisasi Saber Pungli.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Butur Tindak Lanjuti Usulan Pembangunan BTS di PT. Mitratel

Selanjutnya, Muliana menegaskan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, khususnya para camat dan jajarannya, Kelurahan dan Desa bersama jajarannya, agar mengambil peran dalam upaya pencegahan Pungi dan Tindak pidana Korupsi.

“Apabila ada oknum yang melakukan pelanggaran hukum terkait pungli dan Korupsi, segera dilaporkan kepada Satgas Saber Pungli Kabupaten Butur,” terangnya

Ia berharap, dengan terbentuknya Satgas Saber Pungli, bisa terwujud penyelenggaraan pemerintahan yang good government dan clean government.

BACA JUGA:  DPRD Bersama Pemkab Buton Utara Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Menurutnya, tugas dan kewenangan Saber Pungli adalah membangun sistem pencegahan, pemberantasan, koordinasi sampai dengan operasi tangkap tangan (OTT).

“OTT bukan solusi jangka panjang dalam penanganan tindak pidana Korupsi, akan tetapi upaya pencegahan seperti sosialisasi kepada masyarakat dalam membangun kesadaran harus dilakukan secara berkelanjutan,” tutup Muliana

Adapun narasumber sosialisasi Saber Pungli Pemkab Butur bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Buton Utara, yang turut dihadiri oleh perwakilan Kapolres Butur dalam hal ini Kasat Reskrim AKP La Ode Sumarno,dan yang mewakili Dandim 1429 Letda Inf. Sapri Alwas.

BACA JUGA:  16 Orang Jadi Tersangka Proyek BTS 4G, Ancaman Hukuman 6 Sampai 18 Tahun Penjara

 

Laporan: Redaksi

Total Views: 425 ,

Comment