Dinilai Lakukan Pembiaran, Ketua PPWI Konawe Minta Kadis Kesehatan Copot Kapus Puriala

Yus Asman

KONAWE, Sibersultra.id – Ketua Persatuan Pewarta warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Konawe, Sulawesi tenggara (Sultra) Andi Ifitrah Berharap Dinas kesehatan kabupaten Konawe agar segera mencopot Kepala puskesmas Puriala.

limbah medis atau yang lebih dikenal dengan limbah B3 sesuai keperuntukan aturan masuk kategori limbah berbahaya, namun dianggap tidak berbahaya bagi puskesmas Puriala kecamatan Puriala kabupaten Konawe, sehingga dengan mudahnya dibiarkan berserakan begitu saja di Kawasan Puskesmas Puriala seusai pelaksanaan investasi Andi ifitrah ketua PPWI kabupaten Konawe.

Hal tersebut terjadi pada Minggu 9 Juli 2023 terlihat beberapa anak kecil bermain alat suntikan, ketika ditanya, hasilnya sungguh mengagetkan, ada 4 box jarum suntik yang diperkirakan berisi ribuan jarum suntik bekas tergeletak dilantai Tanah lingkaran Puskesmas.

BACA JUGA:  Satu Lagi Nelayan Meninggal Dunia Dalam Insiden Penembakan di Laonti Konsel

Hal itu dibenarkan salah satu warga yang enggan disebut namanya, baru tahu pas ada anak kecil bermain alat suntik di Sekitaran Perkampungan penduduk

“Saya tahunya ya pas anak-anak itu mainan alat suntik dan alat infus saat dikonfirmasi ternyata anak itu mendapatkan alat suntikan bekas dan alat infus yang di dapatkan tergeletak dilantai kantor Puskesmas Puriala,”ungkapnya.

Sementara menurut ketua PPWI Kabupaten Konawe Andi Ifitrah , saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hal itu faktor bukan ketidak sengajaan melainkan pembiaran dan kepala Puskesmas Puriala harus bertanggung jawab atas kelalaian tersebut.

BACA JUGA:  Warga Desa Langku-langku Digegerkan Adanya Penemuan Bayi Perempuan

Karena hal itu, Dirinya menegaskan bahwa kepala puskesmas puriala harus di copot dari jabatannya.

“Ya itu karena faktor kesengajaan, karena petugas dengan sengaja melakukan penggalian lubang untuk melakukan pembakaran saat kami Lakukan investigasi lapangan, dan sudah kita berikan pemahaman terkait mungkin adanya kekeliruan,” ungkapnya.

Sampai berita ini dilayangkan pihak terkait belum memberikan tanggapan. Media ini sudah berupaya meminta tanggapan dari kapus Puriala namun tidak ada komentar.

BACA JUGA:  Ketum AJOI Geruduk Sekretariat PPWI, Ada Apa

Laporan: Redaksi.

Total Views: 870 ,

Comment