Dorong Sektor Pariwisata, Pemkab Butur Gandeng Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Teknis Dasar Pariwisata

Yus Asman
Bupati Buton Utara Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si., mengenghadiri kegiatan Evaluasi Pelatihan Teknis Pariwisata Tingkat Dasar bagi ASN Kabupaten Butur, berlangsung di Aula Bappeda Buton Utara. Kamis, 8 Desember 2022.

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Bupati Buton Utara (Butur), Muhammad Ridwan Zakariah mengandalkan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan dalam pembangunan daerah. Hal itu disampaikan Bupati Butur saat menghadiri kegiatan Evaluasi Pelatihan Teknis Pariwisata Tingkat Dasar (Pardas) bagi ASN Kabupaten Butur, berlangsung di Aula Bappeda.Kamis (8/12/2022).

 

Menurutnya, di usia 15 tahun mekar, Butur masih membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk mengembangkan Pariwisatanya, terutama dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif serta Poltekpar Bali.

 

Lebih lanjut, Sektor Pariwisata tidak bisa terwujud kalau tidak didukung dan ditopang dengan sektor lain. Sebab, dalam pembangunan sektor tersebut dibutuhkan kesabaran dan investasi yang cukup besar.

BACA JUGA:  Lantik Pimpinan Baznas Periode 2023-2028, Ini Harapan Sekda Buton Utara

 

Lanjut, Ridwan Zakariah Mengakatan Untuk dapat mewujudkannya, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata berusaha untuk terus mengembangkan pariwisata yang ada, tak terkecuali SDM bidang pariwisata. Namun, pihaknya juga terus berupaya membangun aksesibilitas baik jalur darat, laut maupun bandar udara.

 

Dengan adanya pelatihan dasar pariwisata ini, Ridwan Zakariah berharap, para peserta mampu menerapkan teori-teori dasar kepariwisataan untuk di kembangkan di Daerah, sehingga sektor pariwisata Butur menjadi salasatu pendongkrak Perekonomian Daerah dan masyarakat pada khususnya.

BACA JUGA:  Belum Cukup Setahun Sudah Rusak Parah, Laode Hermawan,S.H Minta Gubernur Sultra Lakukan Evaluasi

 

Dalam Evaluasi Turut dihadiri oleh Wakil Bupati Butur Ahali Koordinator Tim Pengembangan SDM Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Fransiskus Handoko serta bersama Tim Pengajar Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali, serta Staf Ahali Bupati, Asisten Setda dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Butur.

 

Untuk diketahui, Pelatihan Teknis Pariwisata Dasar kali ini telah diselenggarakan secara hibrid, secara daring dan tatap muka yang dilaksanakan di Bali, mulai tanggal 22 November sampai dengan 3 Desember 2022. Peserta pelatihan sebanyak 29 orang yang merupakan utusan dari perwakilan OPD di Kabupaten Butur.

BACA JUGA:  Erick Tohir Diminta Terbitkan Garansi Publik Mutu Kerja PT. WIKA di Bendungan Ameroro

 

Laporan: Redaksi

Total Views: 338 ,

Comment