Daerah  

GPM Sultra bersama Ombusman RI Gelar Dialog Interaktif Bahas Perkembangan Daerah

Yus Asman

KENDARI, SiberSultra.id – Gerakan pemuda marhaenisme (GPM) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan dialong interaktif bersama Ombusman RI dan tokoh akademisi guna membicarakan perkembangan daerah.

Kegiatan membahas peran penting ombusman dalam membangun daerah tersebut berlangsung di Nineteen Cafe, jalan Korumba, kecamatan Mandonga Kota Kendari. Sabtu (06/05/2023).

Komisioner Ombusman RI, Heri Susanto menjelaskan, tugas dan fungsi ombusman sebagai lembaga negara yang mengawasi penyelenggara negara pelayanan publik baik di pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

“Termasuk BUMN, BUMD, BHMN dan BHMS yang menggunakan APBN dan atau APBD,” ujarnya saat diwawancarai awak media usai kegiatan dialog.

BACA JUGA:  Partai Gerindra Sultra Dinilai Krisis Kader Pemimpin Oleh Pengamat Politik, Ardan Setyadi Angkat Bicara

Selanjutnya, ia mengakui bahwa masyarakat masih kebingungan dalam menyampaikan aspirasinya ke ombusman.

“Salah satu pilar adalah pengaduan masyarakat, maka kinerja ombusman berdasarkan pengaduan masyarakat,” katanya.

Sinergi ombusman dengan seluruh elemen adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Senegritas baik itu pemerintah masyarakat, pun juga para awak media.

“Ada 7 elemen yang harusnya bisa harmonis dan berinteraksi baik. Ketujuhnya selain ombusman adalah Parlemen, pemerintah, badan usaha, pers, ormas dan Lsm, serta kampus,” harapnya.

Kerjasama antara ketujuh elemen tersebut dapat membuat kinerja masing-masing lebih maksimal dan membantu percepatan pembangunan daerah.

BACA JUGA:  Kadin Sultra Bersama BI dan Perumda Gelar Pasar Murah di Kota Kendari

Sementara itu, Ketua GMP Sultra, Rendi Tabara mengatakan, kegiatan hari ini dengan mengangkat tema tentang Optimalisasi Peran Ombudsman dalam Perkembangan Daerah.

Ia menyampaikan tujuan kegiatan ini sebagai optimalisasi untuk membangun kader GPM yang dapat terlibat dalam upaya memastikan pelayanan dan kebijakan publik di daerah berjalan secara baik dan benar

“Harapan kami di GPM melalui diskusi ini ombudsman RI Perwakilan Sultra, bisa memaksimalkan khusus nya membangun sinergis yang luas terhadap seluruh elemen yang berbeda di Sulawesi tenggara agar peran ombudsman bisa berjalan sebagaimana mestinya,” harapnya.(*)

Total Views: 449 ,

Comment