Hadiri HUT Otonomi Daerah ke XXVII di Sulsel, Ini Harapan Wabup Butur Ahali

Yus Asman
Ketgam: Wabup Butur Kompol Purn Ahali, S.H,.M.H Bersama Gubernur Jawa tengah, H. Ganjar Pranowo,S.H,.M.IP

MAKASSAR, SiberSultra.id – Wakil Bupati Buton Utara (Butur) Kompol Purn Ahali, S.H,.M.H menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah yang ke XXVII (27) tahun 2023, bertempat di Anjungan Pantai Losari Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel). Sabtu (29/04/2023).

Dalam kegiatan upacara tersebut pasangan Akronim RIDA ini mengatakan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengambil tema “OTONOMI DAERAH MAJU, INDONESIA UNGGUL” dengan Inspektur Upacara yaitu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA, MA, Ph. D.

Ketgam: Wabup Butur Ahali, S.H,. M.H bersama Mendagri RI Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA, MA, Ph. D.

Hari Otonomi Daerah ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996, tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah, dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otonomi Daerah.

BACA JUGA:  Bulan Suci Ramadhan, Komunitas RIM Butur Lakukan Bagi Sembako di Desa Lantagi

Dalam sambutan Mendagri menguraikan tentang peristiwa terbentuknya Otonomi Daerah dan tentang kewenangan pusat dan Daerah baik secara absolut maupun secara Umum.

Ahali mengatakan bahwa dengan adanya otonomi daerah saat ini wilayah Provinsi Sudah berjumlah 38 Provinsi.

“Semoga Perjuangan Provinsi Kepulauan Buton dapat terlaksana secepatnya,” Kata Ahali yang juga Selaku Mantan Kapolsek Kulisusu ini kepada Sibersultra.id, Sabtu (29/04/2023).

Mantan Kasubdit Industri Perdagangan Polda Sultra ini juga, mengungkapkan jumlah kabupaten seluruh Indonesia sebanyak 514 kabupaten sebagaimana saat dibacakan riwayat perkembangan paska terbentuknya Otonomi Daerah 29 tahun yang lalu.

BACA JUGA:  Ditreskrimsus Polda Sultra Imbau Masyarakat Bijak Menggunakan Medsos Jelang Pemilu

Ahali mengatakan Jumlah kepala Daerah yang hadir dalam rangka memperingati HUT Otonomi Daerah kurang lebih 70 %.

“Dan untuk memeriahkan acara dimaksud Pemda Kota Makassar dapat menampilkan beberapa tarian serta ciri khas Daerah Makassar,” tutupnya.

Untuk diketahui, Acara yang digelar Kemendagri RI ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA, MA, Ph. D, Inspektur Jendral Kemendagri, Drs. Tomsi Tohir M.Si, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, dan Pejabat eselon II Kemendagri serta Gubernur, Bupati/Walikota dan Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/kota se-Indonesia.

BACA JUGA:  Aliansi Masyarakat Sultra Minta Pihak Terkait Segera Menutup Aktivitas PT. AMI di Buteng

Laporan: Man.

Total Views: 447 ,

Comment