Kejari Konawe Diminta Segera Proses Pelaku Yang Diduga Lakukan Pungli PPPK

Yus Asman

KONAWE, SiberSultra.id – Sekretaris Daerah (Sekda) LSM LIRA Kabupaten Konawe, Sulawesi tenggara (Sultra) Agusalim Misman Akan segera menggelar aksi di Kejaksaan negeri (Kejari) Konawe.

Pasalnya LSM LIRA Konawe sekaligus akan melaporkan atas dugaan Pungli PPPK (P3K) oleh salah satu oknum yang tidak bertanggung jawab yang juga salah satu Aktor Utama dugaan pungli P3K tersebut.

Agus mengatakan memang benar bahwa orientasi hal yang wajib di laksanakan untuk pengangkatan pegawai P3K, tetapi belum ada perintah dari Lembaga Administrasi Negara atau LAN.

BACA JUGA:  Bertemu Kepala Desa se-Kabupaten Serang, Presiden: Kelola Dana Desa untuk Kemanfaatan Masyarakat

“Dan yang sangat miris ini di lakukan oleh oknum pegawai P3K pula, dan diduga di kirim ke rekening inisial W tanpa memiliki dasar hukum yang jelas,” ujar agussalim kepada sibersultra.id, Sabtu (20/05/2023).

Agussalim merasa lucu soal kasus ini bahwa yang ngotot adalah pegawai PPPK itu sendiri sementara ini adalah wewenang BKPSDM.

Sebelumnya, pihaknya menerima aduan dari salah satu sumber tak lain salah satu pegawai P3K, bahwa untuk gelombang pertama dan kedua Kurang lebih 816 orang telah membayar Rp. 500.000 untuk biaya orientasi.

BACA JUGA:  Berikan Pelayanan Terbaik, Briptu LB Korban Penikaman di Butur Dirujuk Menggunakan Helikopter

“Tapi belum ada realisasi. Dan untuk gelombang ke tiga membayar dengan variasi Rp. 300.000 – 350.000 untuk biaya pemberkasan/penerbitan SK,” jelasnya.

Kemudian agussalim juga Menambahkan narasinya bahwa untuk memperjelas persoalan ini demi menciptakan kepastian hukum agar tidak ada lagi Oknum – oknum yang melakukan pungli.

“Untuk itu kami segenap pengurus DPD LSM LIRA Konawe meminta kepada pihak Kejari Konawe untuk tidak mengabaikan proses pidanya Dan mengungkap siapa aktor intelektual di balik dugaan pungli tersebut meskipun akan ada proses pengembalian,”tutup agus dengan tegas.

BACA JUGA:  Pemda Butur Bersama Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu

Laporan : Masda

Editor: Redaksi

Total Views: 473 ,

Comment