Daerah  

Ketua DPRD: Kedatangan KSP Moeldoko di Butur Diharapkan Dapat Percepat Pembangunan Bandara

Yus Asman
Ketua DPRD Butur, H. Muhammad Rukman Basri, SE.

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko, telah melakukan kunjungan kerja di kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kedatangan Mantan Panglima TNI di Butur itu salah satunya mengecek langsung lokasi lahan rencana pembangunan bandar udara di Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, Pada Selasa (18/10/2022).

Dengan kunjungannya KSP Moeldoko di Butur beserta rombongan Staf Kepresidenan yang telah melakukan pengecekan lokasi bandara lantagi di harapkan bisa mempercepat pembagunan bandara di Buton Utara.

Hal itu di sampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Butur H. Muhammad Rukman Basri, SE kepada awak media saat ditemui di Kediamannya.Rabu (19/10/2022).

Rukman Mengakatan Pembangunan Bandara lantagi sudah dicanangkan pada saat periode pertama Bupati Butur Ridwan Zakariah periode 2010-2015 yang lalu.

BACA JUGA:  Kunker di Butur, KSP Moeldoko Diharapkan Dapat Mempercepat Pembangunan Bandara

“Dengan terpilihnya kembali beliau di periode ini, maka dari itu dilanjutkan kembali perencanaan pembangunan Bandara,” kata Rukman.

Ketua Partai PAN Butur ini juga mengaku bahwa anggaran studi kelayakan atau Analis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) pembagunan bandara sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Sudah disiapkan anggaran studi kelayakan atau AMDALnya dan anggaran tersebut melekat di dinas Perhubungan Kabupaten Buton Utara,” ungkapnya.

Sementara itu kata dia, untuk anggaran keseluruhan yang disiapkan oleh Pemdah untuk pembangunan bandara lantagi, kecamatan Kulisusu belum mengetahui pasti.

“Saya belum tau secara persis tentunya pasti sesuai kapasitas bandaranya,” ucapnya.

BACA JUGA:  Bupati Konsel Siapkan Desa Tambosupa Hadapi Lomba Desa Tingkat Provinsi Sultra

Lebih Lanjut, ketua DPRD Butur sangat mendukung pembangunan bandar udara tersebut.

“Dengan adanya bandar udara di Butur bukan hanya untuk menjadi kepentingan daerah saja tetapi juga mendukung konektivitas dengan daerah-daerah lainya,” terangya.

Terakhir dirinya mengharapkan semoga apa yang dilakukan bupati dan wakil bupati serta kepala dinas perhubungan terkait pembangunan bandara itu dapat di bangun secepatnya.

“Sesuai harapan bersama lebih cepat lebih bagus,” harapnya.

Sementara itu KSP Moeldoko saat usai mengecek lokasi pembangunan bandar udara lantagi pihaknya akan mengakselerasi dan mengkomunikasikan lebih efektif lagi dengan kementerian terkait.

“Tugas saya nanti akan mengakselerasi dan mengkomunikasikan lebih efektif lagi dengan kementerian terkait sehingga bisa segera terealisasi. Insya Allah saya akan perjuangkan untuk itu,” ungkap Moeldoko.

BACA JUGA:  Peduli Pasien Kurang Mampu, Pj Gubernur Sumut Kunjungi Sakira Nayla Lubis yang Mengalami Cedera Tengkorak Kepala

Mantan Panglima TNI itu mengaku secara teknis lokasi untuk pembangunan bandara sangat baik dan berada tak jauh dari laut.

“Ditambah tanah keras yang cocok untuk pembangunan Bandara,” terangnya.

Laporan: Man.

Total Views: 350 ,

Comment