Daerah  

Ketua Kadin Konawe Bantu Perbaikan JUT 1,5 Km di Kelurahan Wawonggole

Yus Asman

UNAAHA, SiberSultra.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Konawe kembali membantu perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1,5 km melalui program Kadin Konawe Peduli di Kelurahan Wawonggole, Kec Unaaha, Kab Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (19/6/2023).

Menurut Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar  bahwa Pekerjaan perbaikan JUT ini salah satu tujuannya mendorong percepatan ekonomi Kelurahan Wawonggole yang berada di lingkar Kota Unaahaa ini yang juga memiliki lahan area persawan dan perkebunan.

“Salah satu tujuan dari program Kadin Konawe Peduli adalah peningkatan ekonomi warga dari sektor pertanian dan perkebunannya melalui perbaikan jalan usaha tani, agar memudahkan akses warga menuju area persawahan dan kebunnya,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Ketua Kadin Konawe, dengan terbukanya akses jalan akan lebih meningkatkan hasil produksi petani selain memangkas biaya angkutan yang relatif cukup besar cenderung tidak berimbang dengan hasil keuntungan yang didapatkan petani.

BACA JUGA:  Karya Seni Bersama Papi Gun Gondrong Campur Sari Ngudi Rejeki, Peluk Tradisi dalam Kesenangan

Sementara itu, Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Investasi Kadin Konawe, Jemi S Imran yang berada di lokasi perbaikan jalan Kelurahan Wawonggole kepada awak media menjelaskan bahwa bantuan perbaikan salah satu infrastruktur dasar ini diharapkan dapat menghasilkan nilai tambah bagi peningkatan pendapatan masyarakat, baik itu dari sektor pertanian maupun pengusaha UMKM.

“Kita berharap dengan bantuan perbaikan JUT, akan menambah pendapatan keluarga petani di kelurahan ini, seiring optimisnya pengusaha UMKM membeli dan mengangkut hasil produksi petani,” ujar Jemi.

BACA JUGA:  Bupati Buton Utara Kukuhkan Pengurus KKBU-M Periode 2023-2027 

Lebih lanjut Jemi, Bantuan perbaikan JUT dari Kadin Konawe ini juga merupakan salah satu stimulus sebagai penunjang penguatan ekonomi daerah di sektor pertanian dan perkebunan.

Di tempat yang sama, apresiasi warga kepada Ketua Kadin Konawe sangat antusias atas bantuan perbaikan JUT yang dikerjakan dikelurahannya.

Salah satunya Awaluddin, warga Kelurahan Wawonggole, Kecamatan Unaaha ini memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan perbaikan jalan dari Kadin Konawe.

”Saya ucapkan terima kasih buat Pak Kadin (Yusran Akbar) yang telah melakukan perbaikan Jalan Usaha Tani di lingkungan 03,” ucapnya.

Selama ini kata Awaluddin, para petani mengeluarkan biaya cukup tinggi untuk membayar pengangkutan hasil panen, hal itu disebabkan infrastruktur jalan yang tidak mendukung.

BACA JUGA:  DPC PPWI Konawe Kecam Adanya Dugaan Pemalsuan Data Perjalanan Dinas Anggota DPRD 

”Dengan perbaikan ini, para petani sangat dibantu, karena biaya ojek gabah untuk diangkut keluar dari lokasi persawahan tidak lagi tinggi,” ungkapnya. (*)

Total Views: 465 ,

Comment