Daerah  

Kodim 1429 Butur Gelar Penanaman Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Minaminanga

Yus Asman
Proses penanaman bibit mangrove di pesisir Laut Minaminanga.

BUTON UTARA, SiberSultra.id – TNI- Polri bersama pemerintah dan masyarakat melakukan penanaman bibit pohon mangrove di kawasan pesisir pantai Minaminanga, Kecamatan kulisusu, Kabupaten Buton utara (Butur). Senin (15/05/2023).

Komandan Kodim 1429 Butur Letkol Kav. Khomarudin mengatakan, pihaknya bersama forkopimda, Forum komunikasi putra-putri purnawirawan TNI/POLRI (FKPPI) juga siswa SMA melaksanakan kegiatan itu sebagai wujud sinergitas.

“Penanaman mangrove nasional dilakukan secara serentak se-Indonesia jajaran TNI oleh Presiden RI dan di Kabupaten Buton utara dilaksanakan secara virtual,” kata Khomarudin saat dikonfirmasi via WhatsApp. Senin (15/05/2023).

BACA JUGA:  Wakil Bupati Butur Tindak Lanjuti Usulan Pembangunan BTS di PT. Mitratel

Khomarudin menjelaskan Hutan mangrove menjadi sumber daya alam yang sudah jelas bisa menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat.

“Manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang nyaman, hingga mencegah bencana alam,” ujarnya

Oleh sebab itu, mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah naiknya air laut ke daratan, mencegah erosi, hingga darat.

BACA JUGA:  Honor Belum Dibayar, Perangkat Segel Kantor Desa Waode Kalowo

Di katakan bahwa, pelestarian alam hutan manggrove dapat dilakukan dengan cara menanam pohon mangrove di pesisir pantai seperti yang dilakukan saat ini.

Lantas ia menyebut dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini masyarakat diharapkan ikut serta menjaga ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai.

“Tentu saja dengan harapan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologi, hingga nilai ekonomis bagi warga sekitar,” harapnya.

Laporan: Redaksi.

Total Views: 329 ,

Comment