Kolaborasi Lembaga Sultra Gelar Unjuk Rasa, Polda Sultra Diminta Tuntaskan Kasus Penggelapan Senilai 40 Miliar

Yus Asman

KENDARI, SiberSultra.id – Kolaborasi Lembaga Sulawesi tenggara (Sultra) Menggelar aksi unjuk rasa didepan Polda Sultra Atas dugaan Penipuan dan atau penggelapan yang menyeret nama Haji Harun Basnapal Selaku direktur utama PT.Akar Mas internasional.

Selaku koordinator aksi Rozeli dalam orasinya Mengatakan bahwa aksi unjuk rasa yang dilakukan pihaknya hari ini merupakan wujud konsistensi Mengawal penegakan Hukum diwilayah Sulawesi tenggara.

“Haji Harun Basnapal dengan kasus perkara dugaan tindak pidana Penipuan dan atau penggelapan Senilai 40 Miliar harus segera diproses,”Kata Rozeli saat menyampaikan orasinya didepan Polda Sultra. Senin (05/06/2023).

Rozeli Menyampaikan Bahwa Pada tanggal 28 April 2023 Direktur Reserse Kriminal Umum Kasubdit II Telah mengeluarkan Surat Pemberitahuan dan pengembangan hasil penyelidikan ke dua.

BACA JUGA:  Polres Butur Gelar Apel Operasi Keselamatan Anoa 2023, Ini Sasarannya

“Muhammad Faisal Manomang sebagai pelapor dan seharusnya Penyidik segera Menghadirkan Pihak pelapor dan yang terlapor untuk dilakukan gelar perkara,”bebernya.

Ia mengatakan, Berdasarkan Fakta yang menunjukkan setelah dikeluarkannya Surat Pemberitahuan dan pengembangan hasil penyelidikan ke dua.Sampai saat ini belum Melaksanakan ketentuan pasal 15 peraturan kapolri Nomor 14 tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak pidana.

“Dalam aksi kami tersebut penyidik menjanjikan akan menerbitkan SP2HP dan akan di lakukan Gelar Perkara di bulan ini,” jelasnya.

BACA JUGA:  Dituding Dugaan Penipuan, Eks Direktur PT. ANA Angkat Bicara

“Karena itu merupakan hak kami selaku keluarga pelapor untuk mendapatkan SP2HP baik diminta maupun tidak diminta, hal ini diatur dalam Peraturan Kapolri,”ungkapnya menambahkan.

Rozeli sangat menyayangkan bahwa kasus yang ini dibiarkan Terdiam dimeja penegak hukum tanpa ada kepastian Hukum, Yang seharusnya kasus dugaan tindak pidana Penipuan dan atau penggelapan seperti ini harus segera diproses secara maksimal dan Profesional.

Terakhir Lembaga Kolaborasi Lembaga Sultra menegaskan agar pihak Polda sultra Serius Menangani kasus tindak pidana Haji Harun Basnapal atas Dugaan Tindak pidana Penipuan dan penggelapan.

“Ini pesan serius buat institusi polri untuk serius dalam hal Penegakan Hukum,kami secara kelembagaan akan kembali Melakuan Aksi Demonstrasi jilid 2 di Polda Sultra jika Tuntutan kami tidak di indahkan,”Tutupnya.

BACA JUGA:  Polairud Kendari Berhasil Menangkap Pelaku Pemboman Ikan di Perairan Butur

Laporan: Alwin.

Editor: Redaksi.

Total Views: 554 ,

Comment