Daerah  

Lantik 39 Kades Terpilih, Bupati Butur Ridwan Zakariah Tekankan Delapan Hal Yang Perlu di Perhatikan

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Sebanyak 39 Kepala desa terpilih periode tahun 2022 sampai 2028 resmi dilantik oleh Bupati kabupaten Buton Utara (Butur) Muh Ridwan yang dilaksanakan tepatnya di aula kantor Bappeda Butur.Selasa (26/7/2022).

 

Dalam pelantikan tersebut Bupati Bupati Buton Utara Muh Ridwan Zakariah menekankan delapan hal yang perlu menjadi perhatian ke 39 para kades terpilih periode 2022-2028.

Adapun yang ditekankan oleh Bupati Butur Ridwan Zakariah untuk menjadi perhatian bagi Kepala Desa tepilih tersebut diantaranya, Pertama, segera menyatukan dan mengeratkan kembali masyarakatnya, karena kepala desa adalah pelayan masyarakat, tidak boleh membedakan antara yang memilih saudara atau tidak.

BACA JUGA:  Tim Sepak Bola U-10 Butur Wakili Indonesia di Kejuaraan Kualalumpur Cup

 

Kedua, masih punya pekerjaan rumah, yakni mengentaskan kemiskinan, melaksanakan rehab rumah warga miskin dan pendampingan ibu hamil untuk mencegah sunting.

 

Ketiga, melaksanakan anggaran dana desa dengan baik dan transparan, serta hindari korupsi. Korupsi bukan hanya masalah keuangan, akan tetapi administrasi juga merupakan pintu masuk terjadinya korupsi.

 

Keempat, membangun mitra dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), untuk kemajuan dan pembangunan Desa, serta ciptakan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Kelima, berdayakan PKK desa, agar para perempuan di Desa dapat mengambil peran aktif dalam setiap kebijakan pemerintah Desa.

BACA JUGA:  Pengaspalan di Desa Waode Angkalo Dinilai Dikerja Asal-asalan, Ini Tanggapan Kadis PUPR Butur

 

Keenam, jadilah pemimpin desa yang inovatif, membawa perubahan desa yang lebih baik dalam kurun waktu 6 tahun kedepan.

 

Ketujuh, di era keterbukaan informasi saat ini, Kepala Desa tidak boleh risih terhadap keluhan atau pertanyaan warga mengenai penyelenggaraan pemerintahan desa. Harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga.

 

Kedelapan, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dan berkoordinasi kepada Camat apabila terdapat permasalahan di Desa, atau hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut. Apabila hal-hal ini dilakukan dengan sungguh-sungguh maka kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah desa akan terbangun.

BACA JUGA:  Selain Hibur Masyarakat dengan Lomba, UPP Kelas I Molawe Gelar Baksos

 

Laporan: Man

Total Views: 344 ,

Comment