Lima Pesan  Ali Mazi Saat Melepas Keberangkatan PHD, PPIH dan PKHI Sultra 

Yus Asman
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi

KENDARI, SiberSultra.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, menghadiri sekaligus melepasan Keberangkatan Petugas Haji Daerah (PHD), Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) Tahun 1444 Hijriyah, bertempat di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur. Rabu (17/05/2023).

Tahun ini, sesuai laporan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama, Sultra mendapatkan alokasi kuota haji sebanyak 2.019 jama’ah dari Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara.

Terdiri dari 1.900 jama’ah regular, 1.001 jama’ah lansia, 3 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), 15 PHD, yang akan berangkat secara bertahap mulai dari tanggal 8 Juni 2023.

Sementara itu, untuk petugas haji terdiri dari PHD, PPIH Arab Saudi, Tim Kesehatan Haji Indonesia dan Petugas Pendamping Lansia.

Gubernur Sultra Alimazi mengapresiasi telah dilaksanakannya bimbingan teknis petugas haji yang menghadirkan narasumber dari Direktorat Bina Haji Kementerian Agama Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Hindari Pelanggaran Hukum, Kejari Wakatobi Edukasi Siswa Lewat Program JMS

Dirinya berharap dengan bimbingan teknis tersebut dapat menghasilkan output para petugas haji profesional yang lebih memahami tugas dan fungsinya dalam melakukan bimbingan, pembinaan dan pelayanan jama’ah haji Sultra.

Ali Mazi menyampaikan beberapa pesan kepada petugas haji yang mendampingi jama’ah haji Sultra. Pertama, perbaiki niat bahwa menunaikan ibadah haji semata-mata untuk mengharapkan pahala dan ridho allah subhahahu wata’ala.

Kedua, senantiasa menjaga kekompakan dan sinergitas baik dengan jama’ah maupun dengan sesama petugas haji nasional dan petugas haji daerah.

“Saya yakin dengan kekompokan dan kerjasama yang baik antar petugas haji dan jama’ah dapat mewujudkan penyelenggaraan haji yang tertib, aman dan lancar,”ungkapnya.

Ketiga, selalu menjaga stamina dan kesehatan, mengingat petugas haji memiliki tugas ekstra yang lebih menuntut kebugaran dan kesehatan tubuh.

BACA JUGA:  Hasil Ops Lilin Candi 2023, Polda Jateng Sebut Angka Kecelakaan Menurun 31 Persen

Keempat, selain niat ibadah haji, jangan lupa para petugas haji juga harus berniat dengan penuh ketulusan dan kesungguhan untuk mengemban amanah sebagai petugas haji, baik pada bidang layanan umum, bidang layanan bimbingan ibadah dan bidang layanan kesehatan dengan senantiasa mengedepankan kepentingan jama’ah dan memberikan prioritas kepada jama’ah haji lansia.

“Dan kelima jangan lupa untuk senantiasa menjaga nama baik bangsa Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara serta turut mendoa’kan untuk keselamatan dan kesejahteraan daerah dan negara Indonesia,” tutupnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio, Forkopimda Sultra, Kepala Kanwil Kemenag Sultra Muhammad Saleh, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sultra, KH. Djakri Napu, Asisten I Bidang Administrasi Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Sultra, Suharno, Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Usnia, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin, Kepala Biro Kesra, La Ode Muhammad Rizal Putra, dan para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sultra.

BACA JUGA:  Kondisi Jalan Sangat Buruk, Lepidak Sultra Minta Pemerintah Segera Lakukan Tindakan

Sumber: Adpim Provinsi Sultra

Total Views: 483 ,

Comment