Mahasiswa KKN IAIN Kendari Posko 135 Ikut Serta Merealisasikan Program Ketahanan Pangan di Desa Butuea

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, KONKEP – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Posko 135 yang berlokasi di desa Butuea ikut serta dalam merealisasikan program desa yaitu program ketahanan pangan di desa Butuea Kecamatan wawonii timur, kabupaten Konawe kepulauan (Konkep).Jum’at (22/7/2022).

KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa di masyarakat, pengabdian tersebut di lakukan dalam bentuk program kerja. Adapun program kerja juga harus di dasarkan pada kebutuhan masyarakat setempat, hal ini menjadi dasar bagi mahasiswa KKN IAIN Kendari Posko 135 melakukan kegiatan berupa program kerja dalam bidang pertanian.

BACA JUGA:  Hadiri Seminar Nasional di Universitas Lakidende, Muh. Toriq Ajak Mahasiswa Belajar Menjadi Wirausaha

Program ketahanan pangan merupakan program desa butuea yang di selenggarakan pada tanggal 22 Juli 2022 Tepatnya pagi hari, waktu perealisasian nya di hadiri langsung oleh pemerintah desa seperti kepala desa dan jajarannya serta masyarakat desa butuea ikut andil di dalamnya.

Maka dari itu di waktu yang sama mahasiswa KKN dari IAIN Kendari ikut andil dalam pelaksanaannya mereka adalah posko 135 yang di ketuai Tomi.

Tomi juga merupakan mahasiswa jurusan manajemen dakwah ini menjelaskan, mayoritas pendapatan masyarakat desa butuea adalah pertanian. kata dia, melalui program ini mahasiswa KKN posko 135 berharap dapat di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya masyarakat desa butuea.

BACA JUGA:  Tekan Peredaran Narkoba, Garnizun Sultra Akan Menggelar Sosialisasi Tingkat SMA Sampai Perguruan Tinggi

“dengan adanya kegiatan ini menjadi salah satu sarana dan prasarana bagi masyarakat yang berprofesi petani untuk melestarikan budidaya pangan,”kata Tomi kepada sibersultra.id pada Jum’at (22/7/2022).

Ia mengatakan kegiatan yang di selenggarakan ini sebelumnya telah melakukan komunikasi dengan pemerintah desa untuk terlibat di dalamnya. Respon dari pemerintah desa sangat merespon dengan baik dengan keterlibatan mahasiswa KKN posko 135.

Disisi lain program ketahanan pangan merupakan salah satu program kerja posko 135 pula, dalam hal meningkatkan kualitas pertanian desa Butuea.

“Olehnya itu semua mahasiswa yang KKN di desa Butuea tersebut sebanyak tujuh orang ikut serta Merealisasikan Program Ketahanan Pangan di Desa Butuea ,”terangnya

BACA JUGA:  PPWI dan Fikom Universitas Mpu Tantular Gelar Pelatihan Jurnalistik Video Berita Secara Online

Laporan: Arjun

Total Views: 270 ,

Comment