Daerah  

Miris!!! 15 Desa di Butur SPJ Tahap III 2022 Belum di Verifikasi DPMD Butur

Yus Asman
KANTOR DPMD KABUPATEN BUTON UTARA

BUTON UTARA, SiberSultra.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara, Mohammad Amaluddin Mokhram membeberkan dari 78 yang ada di Butur yang sudah dicairkan anggaran ADD baru 7 Desa, sedangakan 34 Desa ia mengaku, pihaknya sudah memberikan rekomendasi ke BKD untuk proses pencairan.

Sehingga total yang sedang berproses untuk melakukan pencairan Alokasi Dana Desa sudah 44 Desa.

“Jadi tinggal 34 desa yang belum sama sekali berproses”,bebernya, saat dikonfirmasi melalui WhatsAppnya, Sabtu (03/06/2023).

BACA JUGA:  Baret Prabowo Menggelar Baksos Berupa Bagi Makanan dan Susu Gratis di Butur

Lebih lanjut mantan asisten satu sekertariat Daerah Buton Utara ini mengungkapkan, dua penyebab keterlambatan proses pencairan ADD ke 34 Desa tersebut. Lebih mirisnya lagi 15 Desa surat pertanggungjawabannya belum diverifikasi oleh pihak DPMD. Padahal saat ini sudah memasuki pertengahan tahun 2023.

“Dalam hal ini, ada 2 penyebab sehingga terjadi demikian. Pertama, pada 15 desa tersebut SPJ tahap III 2022 dan APBDes nya belum diverivikasi. Kedua, pada 19 desa lainnya, dokumen APBDes nya sudah diverivikasi tapi Dokumen (penyempurnaan setelah verivikasi) belum disetor termasuk laporan Bumdesnya,”tulisannya lagi.

BACA JUGA:  Harumkan Nama Daerah Dalam Ajang Pemilihan Duta Wisata Tingkat Sultra, Disparbud Butur Beri Apresiasi

Saat ditanya dari 15 Desa tersebut, Desa apa saja yang belum diverifikasi SPJ tahap III tahun 2022 oleh pihak DPMD Butur. Hingga ditayangkan berita ini Amaluddin belum merespon pesan yang dikirim media ini.

Laporan: Redaksi.

Total Views: 452 ,

Comment