News  

Nelayan Butur Resah Maraknya Ilegal Fishing di Sekitaran Wilayah Pantai Kulut

Yus Asman

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Salah satu Warga Kecamatan Kulisusu Utara (Kulut) Kabupaten Buton Utara (Butur) Inisial DN sangat resah kepada para pelaku ilegal fishing penangkap ikan yang menggunakan bahan peledak atau bom rakitan di sekitaran wilayah Pantai Kulut.

DN mengungkapkan sudah mulai teduh lagi pantai timur laut Banda dan sudah waktunya para pelaku ilegal fishing yang diduga berasal dari sekitaran Kendari masuk diwilayah Butur kecamatan kulisusu utara.

“Pagi ini tepatnya hari Selasa 20 September 2022 para pelaku ilegal fishing sudah dua kali lakukan pengeboman dibagian pantai Desa Petetea,a Seputaran Rompo dan Ocintonga,” kata DN kepada Sibersultra.id Via WhatsApp.Selasa (20/9/2022).

BACA JUGA:  Persahabatan Sepak Bola Desa Ulunambo dan Desa Bobolio Raya Resmi Digelar, Wabup Butur Ingatkan Junjung Tinggi Sportifitas

Lebih lanjut, kata dia, masyarakat nelayan yang sementara mancing dan menjaring di sekitaran pemboman hanya mengusap muka dan tak sedikit pula berkomentar.

“Dimana orang-orang terbaik kita yang punya peran di wilayah bahari Butur. Apakah kita tak bisa merespon persoalan ini padahal menyangkut ketertiban Hukum dan Kelangsungan hidup Masyarakat Nelayan Kita,” ungkapnya.

Masyarakat Nelayan mereka yang terdampak atas Kejadian Tersebut Akan Selalu Mencibir Kita Semua Dengan Bahasa Santun Mereka “Kaasi Beto Hapai Komiumo”.

BACA JUGA:  Liga Alumni Resmi Digelar, Ketua Panitia : Melalui Kegiatan Ini Kita Bentuk Persaudaran Yang Kokoh 

“Masyarakat Nelayan Buton Utara Sudah Pernah Bersama Pemerintah, Pihak Kodim serta Polres Butur Duduk Di Satu Meja Dengan Kesepakatan Saat itu,” jelasnya.

Dengan adanya Ilegal fishing tersebut DN mengaku, kini nelayan Butur menagih janji jangan hanya masyarakat yaang dipanggil khusus untuk menandatangani Pernyataan tapi nelayan Luar datang merusak kita Hanya Menonton.

“Kami harapkan kepada para Pihak Berwenang yang mempunyai andil baik dari PolAirut dan pihak2 lain nya agar pengawasan di laut Butur segerah di aktifkan segerah kembali mengingat musim teduh sudah masuk,” harapnya.

BACA JUGA:  Polsubsektor Kulut Resmi Dikukuhkan, Kapolres Butur Harap Wujudkan Kinerja Yang Baik Kepada Masyarakat 

 

Laporan: Man.

Total Views: 683 ,

Comment