Pemdah Butur Gelar Lomba Fishing Turnament 2022, Hadiah Utama 1 Unit Mobil

Yus Asman
Ketgam: Sekda Buton Utara Muhammad Hardhy Muslim,S.H,.M.Si. Foto: Istimewa

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Guna untuk mempromosikan daerah, Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi tenggara (Sultra) melalui dinas pariwisata dan kebudayaan membuka kegiatan kejuaraan fishing Turnament tahun 2022 tingkat Nasional yang akan digelar Desember mendatang.

Saat ini yang sudah mendaftar sudah hampir 60 tim yang terdiri dari luar daerah Butur dimana dalam satu tim terdiri dari 5 sampai 10 orang.

Hal itu disampaikan oleh sekretaris daerah (Sekda) Butur Muhammad Hardhy Muslim kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya.Rabu (2/10/2022).

Hardhy Muslim mengatakan yang sudah melakukan pendaftaran pada kegiatan fishing Turnament tersebut dari luar daerah Butur meliputi tingkat provinsi Sultra dan nasional.

“Dari Kendari dan Sulawesi Selatan ada 4 sampai 5 tim yang telah melakukan pendaftaran dan ada juga tim dari Kalimantan Utara,” ucapnya.

BACA JUGA:  Masyarakat Pesisir dan Nelayan Dihimbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau

Sementara itu kata dia, Panitia Lomba mancing tingkat nasional ini menargetkan sekitar 1000 orang peserta yang akan mengikuti perlombaan ini dimana akan di pusatkan di Desa malalanda, Kecamatan Kulisusu.

“Batas waktu pendaftaran para tim efektifnya sisa tiga Minggu dari tanggal hari ini,” ungkapnya.

lebih lanjut, Mantan kepala inspektorat Butur ini menjelaskan bagi mereka yang bisa mendapatkan ikan seberat 60 kilo tidak lebih dan kurang mendapatkan hadiah satu unit mobil dari Ketua Dewan Pembina ASR Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka.

“Sementara untuk kategori tradisional bagi yang mendapatkan ikan seberat 56 kilo saya pribadi menyiapkan hadiah motor matic,” terangnya.

BACA JUGA:  Tim Penilai Kunjungi Kelurahan Bonegunu, Mansur Harap Kelurahan Bonegunu Kembali Peroleh Juara

Kata dia, Ketika terjadi ada yang mendapatkan ikan seberat 60 kilo Secara tekhnis sudah di atur, dan klasifikasi ikan yang tertinggi itu adalah ikan marlin kemudian ikan tuna.

“Sementara itu untuk tim yang melakukan pendaftaran di gratiskan atau tanpa di pungut biaya,” jelasnya.

Terakhir, ia mengungkapkan tujuan utama dalam kegiatan ini yaitu untuk mempromosikan daerah, menurutnya, selain dari pada itu dengan adanya ivent Turnament ini kita inginkan adanya edukasi dari masyarakat terutama pentingnya yang namanya terumbu karang dan habitat laut yang ada perlu dijaga dan dilestarikan.

“Secara geografis Butur berada paling unjung utara pulau Buton Maka dari itu salah satu cara untuk memperkenalkan daerah ini kepusat dan orang banyak yaitu dengan membuat ivent,” terangnya.

BACA JUGA:  Sambut Bulan Suci Ramadhan Pemda Butur Bentuk Tim Safari Ramadhan 

Untuk diketahui sesuai agenda jadwal pelaksanaan Buton Utara Fishing Tournament tahun 2022 digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 2 sampai 4 Desember 2022 mendatang.

 

Laporan: Man Laode

Total Views: 450 ,

Comment