Daerah  

Pemkab Butur Gelar Peringatan Isra Mi’raj

Yus Asman

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) Memperingati Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 Hijriah bertempat di pelataran Rumah Jabatan Bupati di Kulisusu. Senin (27/2/2023).

Peringatan Isra Mi’raj Pemkab Butur mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Shalat Menuju Peribadi Yang Disiplin Dan Istiqomah” dengan diisi oleh Penceramah Agama Ustad Jamaluddin Uksim.

Bupati Butur Ridwan Zakariah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan Isra Mi’raj bukan hanya ritual tahunan semata, akan tetapi menjadi momentum untuk mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

“Karena banyak hikmah dan pelajaran dari perjalanan nabi Muhammad SAW yang dapat kita petik dan kita realisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ungkap Ridwan Zakariah

Selanjutnya, Ridwan Zakariah Menjelaskan Isra Mi’raj adalah peristiwa luar biasa, merupakan mukjizat yang begitu besar bagi kerasulan Nabi Muhammad SAW. Isra dan Mi’raj yang terjadi pada diri beliau dilakukan dengan ruh dan jasad dan dalam waktu kurang dari satu malam.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Butur Hadiri Kegiatan SPBE Summit di Jakarta

“Hal ini kalau hanya dilihat dari pendekatan akal pikiran dan nalar manusia yang sangat terbatas, maka tentu peristiwa tersebut sangatlah ir-rasional,”Jelasnya.

Sebagai umat muslim, wajib meyakini terjadinya peristiwa Isra Mi’raj, yakni perjalanan Rasulullah SAW dari mekkah ke baitul maqdis, kemudian ke sidratul muntaha menghadap kepada sang pencipta alam semesta untuk menerima mandat melaksanakan shalat 5 waktu yang menjadi kewajiban bagi umat muslim.

“Peringatan Isra Mi’raj seperti ini sangatlah kita butuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah kita dan membangun tali ukhuwwah islamiyah diantara kita,” terangnya.

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Pengancam Salah Satu Capres

Menurut, Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Buton ini mengungkapkan dengan terjalinnya persaudaraan yang kuat dengan dilandasi akidah dan iman, serta berdasarkan ibadah yang murni karena Rabb Yang Maha Esa bisa mempersatukan umat Islam yang ada.

“Insyaallah kita mampu mempersatukan umat islam yang ada, khususnya umat islam di Buton Utara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu , Ridwan Zakariah mengajak para Ulama, tokoh masyarakat, para intelektual, beserta seluruh jajaran pemerintah untuk bersama-sama membangun daerah yang tercinta ini dengan penuh keikhlasan, kejujuran serta rasa tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan generasi.

“Menuju terbentuknya masyarakat Butur yang maju, adil dan sejahtera,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Butur Muhammad Hardhy Muslim, Dandim 1429/Butur Letkol Kav. Khomaruddin,Kapolres Butur AKBP Herman Setiadi, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Butur Amalia Ahali, para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda, Para Kepala OPD, para Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Camat Se-Kabupaten Butur, Pengurus Majelis Taklim, dan para Tokoh Masyarakat.

BACA JUGA:  Gelar Doa Bersama Dengan Lima Pemuka Agama, PJ Gubernur Sultra Ajak Masyarakat Berdoa Untuk Pemilu Damai

 

Laporan: Redaksi

Total Views: 316 ,

Comment