Daerah  

Pemkab Butur Terima Piagam dan Plakat WTP Dari Kementerian Keuangan

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Pemerintah Republik Indonesia (RI) Melalui Kementerian Keuangan RI menyerahkan Piagam Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 Dan Plakat WTP 5 kali berturut-turut mulai Tahun 2017 samampai dengan Tahun 2021 Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur).

Penyerahan Piagam dan Plakat WTP dari Kementerian Keuangan diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau Hariyanto kepada Wakil Bupati Butur Ahali, di aula Bappeda Butur dan disaksikan oleh Asisten dan Staf Ahli Bupati serta Para Pejabat Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Senin (26/12/2022).

Wakil Bupati Butur Ahali saat menyampaikan sambutan Bupati Buton Utara mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KPPN Kota Baubau yang telah menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan dan Plakat WTP dari Menteri Keuangan RI kepada Pemerintah Kabupaten Butur.

BACA JUGA:  Jaga Desa Dari Korupsi, Kejari Wakatobi Gelar Penyuluhan Hukum 

Menurutnya, penghargaan atas opini WTP dan capaian 5 kali WTP secara berturut-turut merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Butur serta menjadikan capaian tersebut menjadi spirit bagi jajaran pemerintah daerah untuk terus mempertahankan predikat Opini WTP.

Selanjutnya, opini WTP bukanlah tujuan akhir dari pengelolaan keuangan, akan tetapi yang menjadi tujuan adalah begaimana upaya kita dalam meningkatkan kemanfaatan APBD dan APBN untuk kesejahteraan dan pelayanan masyarakat melalui program yang dilaksanakan secara tertib, taat pada ketentuan perundang-undangan, efektif, efisien serta transparan dan akuntabel.

BACA JUGA:  Pria Asal Jawa Barat Keliling Indonesia Naik Motor Honda Astrea Legenda, Megi Prawiro: Finis di Kota Mekkah

Lebih lanjut, Opini WTP juga merupakan gambaran informasi kepada publik bahwa APBD kita telah dikelola secara ekonomis dan transparan.

“Setiap rupiah uang rakyat yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan sesuai kaidah dan peraturan yang berlaku,” Katanya

Adapun sambutan Kepala KPPN Baubau Hariyanto, mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dari Kementerian Keuangan RI atas capaian Pemda Kabupaten Butur telah meraih WTP 5 tahun berturut-turut.

Capaian WTP atas Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah adalah capaian tertinggi dari Opini yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan telah memenuhi 4 (empat) kriteria utama.

BACA JUGA:  Budayakan Adat Tradisi, Sanggar Balaimmas Bone Lipu Gelar Acara Seni Tarian 

Pertama, kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kedua Kecukupan pengungkapan sesuai dengan SAP, ketiga, Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-Undangan, dan keempat, Efektivitas sistem pengendalian intern.

 

Laporan: Redaksi

Total Views: 346 ,

Comment