Daerah  

Pererat Tali Silaturahim, Pemkab Butur Gelar Acara Halal Bi Halal

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) menyelenggarakan acara Halal Bihalal dengan mengangkat tema “kita pererat tali silaturahim menuju Buton Utara yang maju adil dan sejahtera yang dilaksanakan di Aulah Kantor Bappeda Butur.Kamis (12/5/2022).

Suasana acara halal bi halal yang diselenggarakan di Aulah Bappeda kabupaten Buton Utara

Halal bi halal merupakan tradisi khas bangsa kita khususnya di Buton Utara, dimana tradisi ini sebagai salahsatu upaya menunjukan Islam itu adalah agama yang toleran, dengan mengedepankan pendekatan hidup rukun antar sesama manusia.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Butur Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si dalam sambutannya pada acara Halal Bihalal pada ,Kamis (12/5/2022).

Bupati Butur Ridwan Zakariah menjelaskan, makna halal bi halal merupakan bagian dari pesan universal Islam untuk selalu berbuat baik, memaafkan orang lain dan saling berbagi kasih sayang.

BACA JUGA:  Brigjen TNI Budi Suharto Buka Lomba Balap Perahu Katinting di Kabupaten Bone

“sebagaimana Islam adalah agama rahmatan lil alamin atau rahmat bagi seluruh isi alam semesta,”ungkapnya

Menurutnya perbedaan yang ada bukanlah tanda untuk saling memusuhi dan mencurigai akan tetapi kata dia, perbedaan itu merupakan sunatullah dan sebagaimana Sabda Rasulullah SAW.

“Yang menyebutkan bahwa dua orang islam yang bertemu satu sama lain, kemudian mau saling berjabat tangan diantara keduanya, maka kedua orang itu akan diampuni oleh Allah SWT,”ujarnya

“Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah.(HR. Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, dan Ahmad),”tambahnya

Diakhir sambutannya Bupati menyambut gembira atas terselenggaranya halal bihalal yang bernuansa kekeluargaan dan penuh keakraban.

BACA JUGA:  Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi Pimpin Upacara Sertijab Posisi Perwira

Sebab menurutnya, nuansa seperti itu dapat meningkatkan komunikasi dan interaksi bagi sesama Aparatur Sipil Negara (ASN) dan stakeholder yang ada di daerah ini, dengan demikian jalinan kekeluargaan dan tali silaturahmi tetap terpelihara.

Untuk diketahui Tausyiah Terkait Keutamaan dari Halal Bihalal dibawakan oleh Ustadz Jamaluddin Uksim, dan di penghujung acara dilanjutkan dengan musofaha (berjabat tangan/bersalaman) saling maaf memaafkan.

Halal bi halal tersebut diikuti oleh Bupati Butur bersama Ibu Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan, Wakil Bupati Butur Ahali, SH., MH., bersama Ibu Amalia Ahali, Pimpinan dan anggota DPRD Butur, Sekretaris Daerah Muhammad Hardhy Muslim, SH., M.Si., bersama Ketua DWP Butur Ibu Waode Ernawati Asman, S.Pd., Forum Koordinasi Pinpinan Daerah, para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda, para pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), pimpinan Instansi Fertikal, lembaga perbankan yang masing-masing bersama jajaran.

BACA JUGA:  Cegah Berita Negatif Jelang Pemilu 2024, Polda Sulteng Gelar FGD

 

Laporan : Yus

Total Views: 850 ,

Comment