Polres Buton Utara Gelar Operasi Patuh Anoa 2023, Ini Penegasannya

Yus Asman
Polres butur melaksanakan apel gelar pasukan Patuh Anoa tahun 2023 dipimpin oleh Waka polres Butur Kompol Dedi Hartoyo, berempat di Lapangan Apel Mako Polres Butur, Senin (10/07/2023).

BUTON UTARA, Sibersultra.id – Polres Kabupaten Buton Utara (Butur) melaksanakan apel gelar pasukan operasi patuh anoa tahun 2023, bertempat di Lapangan Apel Mako Polres Butur, Senin (10/07/2023) sekitar pukul 08.00 Wita.

Adapun peserta apel yang dipimpin oleh Waka Polres butur Kompol Dedi Hartoyo diantaranya Personil Kodim 1429 Butur 1 SST, Personil Dalmas Sat Samapta Polres Butur 1 SST, Personil Gabungan Staf Polres Butur 1 SST, Pol PP Butur 1 SST dan Dinas Perhubungan Butur 1 SST.

Dalam Amanat Kapolda Sultra yang dibacakan oleh Waka Polres Butur, Kompol Dedi Hartoyo mengungkapkan Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas di wilayah hukum Polda Sultra.

Sebagaimana diketahui, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis dan semuanya berkaitan erat dengan orang, kendaraan, Jalan Serta sarana dan prasarana yang ada di jalan.

“Kita menyadari bahwa dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas tersebut dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder agar mampu bersinergi untuk mewujudkan kamseltibcar lantas selain itu juga diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan,” ucap Dedi.

BACA JUGA:  Pisah Sambut Kapolres Butur, Bupati Butur Ridwan Zakariah Berikan Plakat dan Cendramata

Guna memberi solusi atas permasalahan tersebut di atas mengemban fungsi operasional Polri telah menetapkan kalender operasi patuh yang kali ini dilaksanakan menjelang pasca hari Bhayangkara Polri ke 77, dengan sasaran Meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas dalam rangka mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap di wilayah hukum Polda Sultra khususnya di Polres Butur.

Operasi patuh anoa Tahun 2023 ini merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat yang dilaksanakan dengan melalui pendekatan preemtif dan preventif sehingga masyarakat dapat memahami bahwa patuh dan tertib berlalu lintas adalah cerminan moralitas bangsa.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberdayakan fungsi Gakkum dan Kamsel Lantas secara optimal baik dari penegakan hukum maupun penerangan masyarakat di media cetak dan elektronik serta pelayanan informasi lalu lintas melalui manajemen media lantas Polda Sultra khususnya di Polres Buton Utara.

“Sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pengguna jalan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Terkait Penebangan Pohon di Kawasan Hutan Desa Baru, Terungkap Surat Izin Bukan Untuk Pengelolaan kayu Bantalan

Adapun Prioritas penindakan terhadap tujuh pelanggaran diantaranya:

Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih dibawah umur.

Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang.

Pengemudi yang tidak menggunakan safety belt dan pengendara ranmor yang tidak menggunakan helm SNI.

Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol.

Pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus.

Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Pencapaian target yang diinginkan sebagai berikut:

Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Terciptanya situasi Kamseltibcar Lantas secara optimal.

Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan Citra tertib dalam berlalu lintas.

Sebagai Cipta kondisi dalam rangka hari Bhayangkara ke 77 Tahun 2023.

Operasi Patuh Anoa 2023 Polres Buton Utara akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 10 Juli 2023 s.d. tanggal 23 Juli 2023.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Anoa 2023 Polres Buton Utara dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dalam rangka mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang mantap di Wilayah Hukum Polda Sultra Khususnya di Wilayah Polres Buton Utara dari aspek personil maupun peralatan sarana prasarana serta keterlibatan unsur instansi terkait.

BACA JUGA:  Ketua DPC PPWI Mubar Harap Mendagri Perpanjang SK PJ Bupati Mubar

Tidak menutup kemungkinan adanya oknum atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi pada saat Operasi Patuh Anoa 2023 Polres Buton Utara yang berdampak pada timbulnya gangguan kamtibmas.

Tetap melakukan monitoring dan penggalangan terkait Operasi Patuh Anoa 2023 di Wilayah hukum Polres Buton Utara.

Agar kiranya melakukan koordinasi kepada pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, Dinas Perhubungan Kab. Buton Utara dan instansi terkait lainnya.

Laporan: Man

Total Views: 1179 ,

Comment