News  

Ratusan Pelaku UMKM Siap Sukseskan HJS Ke 459, Ada yang daftar lewat Jendela?

Yus Asman
Ketgam: Tampak Pelayanan Pendaftaran Lewat Jendela.

SINJAI, SS – Animo masyarakat khususnya pelaku usaha yang ada di Sinjai untuk berpartisipasi dalam Pekan Budaya dan Expo UMKM dalam rangka Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke 459 sangat tinggi.

Terbukti, sejak dibukanya pendaftaran mulai hari ini, Jumat (10/2/2023) pagi, para pedagang tampak mendatanghli Kantor UPTD Pasar Sentral Sinjai yang menjadi lokasi pendaftaran.

Himpunan Pedagang Sentral Sinjai (HPS2) ditunjuk sebagai panitia pendaftaran yang difasilitasi oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Sinjai.

Koordinator Pendaftaran Abd. Hafid mengatakan bahwa peserta dari pelaku usaha dibagi atas 4 kategori masing-masing terdiri dari stand, pedagang kaki lima, hamparan dan pengusaha kuliner.

Adapun kategori stand yang disiapkan sebanyak 275, pedagang kaki lima 68 lokasi, pengusaha kuliner 18 dan pedagang yang berjualan dengan hamparan sebanyak 24 tempat.

BACA JUGA:  Sidang ke-3 Wilson Lalengke, Para Saksi Pelapor Berpotensi Kena Pasal Pidana Memberi Keterangan Palsu

Menurutnya, antusias warga yang mendaftar cukup tinggi sebab sejak dibukanya pendaftaran sudah ratusan pedagang telah melakukan registrasi.

“Sudah ada beberapa yang full seperti pedagang kaki lima, kuliner dan hamparan. Sedangkan untuk stand masih ada tersisa sekitar 50 tempat,” jelasnya.

Meski demikian pihaknya tetap akan mencarikan tempat bagi pedagang kaki lima dan hamparan yang belum mendaftar dengan tetap memperhatikan sisi kenyamanan dan keindahan tempat.

Bagi yang ingin mendaftar, kata Hafid, masyarakat hanya menyetor fotocopy KTP dan tetap mengutamakan pedagang lokal Sinjai.

BACA JUGA:  Pengerjaan Pengaspalan Hotmix di jalan Sudirman Kota Gunungsitoli, terkesan Asal jadi

“Syarat pendaftaran hanya dengan menyetor fotocopy KTP saja dan membayar biaya pendaftaran. Kita utamakan pedagang lokal meski sudah ada juga pelaku usaha dari daerah tetangga yang sudah mendaftar” katanya.

Dari pantauan awak media pelaku UMKM dilokasi pendaftaran melakukan pendaftaran melalui jendela.

Menanggapi hal tersebut, Supriadi Buraerah salah satu masyarakat Sinjai mengatakan seharusnya dinas terkait tidak melakukan pelayanan yang terkesan menjatuhkan martabat masyarakat UMKM .

“Tidak elok terlihat masyarakat diperlukan seperti itu. Saya berharap kepada dinas terkait agar Kedepannya tidak ada lagi pelayanan diterapkan lewat jendela kantor,” kata Supriadi kepada awak media, Jum’at (10/2/2023).

Untuk diketahui, Sesuai dengan jadwal, Pekan Budaya dan Expo UMKM dibuka secara resmi pada tanggal 21 Februari 2023 di Lapangan Sinjai Bersatu. Namun khusus pelaku usaha diberi kesempatan untuk mulai berjualan pada tanggal 18 Februari 2023.

BACA JUGA:  FRN Mempersempit Ruang Gerak Tambang Ilegal, Terutama Koridor di Kalimantan

 

Laporan: Redaksi.

Total Views: 565 ,

Comment