News  

Salwa Tours Butur Menggelar Rapat Teknis Pemberangkatan dan Penguatan Manasik Bagi Jamaah Umroh

Yus Asman

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Salwa Tours Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) Menggelar Rapat teknis pemberangkatan dan penguatan Manasik bagi jamaah umroh yang di laksanakan tepatnya di kantor Pusat Salwa Butur,Kecamatan Kulisusu. Minggu (25/9/2022).

CEO Salwa Tours Butur, Burhan Samari mengungkapkan terkait pemberangkatan jamaah umroh yang kelima kalinya ini dijadwalkan pada tanggal 2 Oktober 2022 dari Kendari dan dari Jakarta kemadina Arab Saudi tanggal 3 Oktober.

Pulangnya dari Mekkah tanggal 10 Oktober tiba kembali ketanah air atau Jakarta tanggal 11 dan tanggal 12 Oktober menuju Kendari.

Ketgam: Jamaah Umroh saat menghadiri rapat Teknis Pemberangkatan dan penguatan Manasik dikantor pusat Salwa Tours Butur.Minggu (25/9/2022).

“Adapun jamaah yang di berangkatkan kali ini sebanyak 200 jamaah,” ucap Burhan kepada sibersultra.id.

Burhan menjelaskan Salwa Tours berkantor pusat di kabupaten Butur, menurutnya ini adalah aset buat daerah dalam rangka untuk menciptakan salah satu cara meningkatkan religius atau keimanan Masyarakat.

BACA JUGA:  Dua Tempat Berbeda, Satgas Pamtas Yonif 725 Woroagi Hadir Di Tengah Kedukaan Warga Perbatasan RI

Jata dia, banyak jamaah masih santai dan biasa terkhususnya tentang persoalan lima waktu, tetapi setelah berangkat umroh akan meningkatkan ibadah.

Sehingga dengan adanya Salwa Tours di Butur dirinya berharap masyarakat makin mengoptimalkan ibadah untuk beribadah ke baitullah.

Ketgam: Jamaah Umroh saat menghadiri rapat Teknis Pemberangkatan dan penguatan Manasik dikantor pusat Salwa Tours Butur.Minggu (25/9/2022).

“Dalam hal ini umroh ataupun haji, Saya kira ini pintu masuk untuk kita bisa berumroh dan berhaji,” bebernya.

Lanjut, Burhan menjelaskan Sekarang banyak travel yang sering bermasalah sehingga ke khawatiran masyarakat akan muncul, walaupun ada kemauan tetapi ada keraguan untuk berangkat jangan sampai terjadi penipuan.

Menurutnya, tetapi dengan adanya travel di daerah kita sendiri bahkan kita punya sendiri, masyarakat tidak perlu lagi ragu untuk berangkat umroh, tinggal bagaiman menyiapkan diri untuk bisa berangkat.

“Itu yang paling utama,” ujarnya.

Ia mengatakan pemberangkatan jamaah sudah yang kelima kalinya di tahun 2022, awalnya dari bulan Maret ,Ramadhan,pemberangkatan tanggal 4 September, kemudian pada tanggal 18 September.

BACA JUGA:  Polres Trenggalek Laksanakan Patroli Wilayah Sambil Berbagi Sembako

“Untuk yang berangkat tanggal 18 September yang lalu saat ini masih berada di tanah suci, insyaallah lusa balik ke tanah air,” kata Burhan

Selanjutnya pemberangkatan berikutnya akan dijadwalkan tanggal 16 Oktober 2022 dan terakhir pemberangkatan tahun ini yaitu tanggal 7 November.

Dalam pemberangkatan jamaah, pihaknya melakukan dua kali dalam sebulan karena proses pemberangkatan jamaah normalnya 7 bulan dalam setahun.

“Jadi kita dua kali dalam satu bulan dalam pemberangkatan jamaah umroh,”ungkapnya.

Selaku CEO Salwa Tours Butur dirinya menuturkan harga umroh dari enam bulan sebelumnya dengan saat ini berubah. Kali ini lebih mahal dibanding sebelumnya.

Hal itu dikarenakan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) yang berefek kepada kenaikan harga tiket pesawat.

“Tetapi biar begitu tidak mengurangi animo masyarakat untuk berangkat umroh,” pintahnya.

Sementara itu terkait bagasi jamaah ini lebih diminimalisirkan oleh pihak maskapai dari Jedah ke Jakarta di khususkan buat koper-koper besar yang bermerek travel dan tas kabin yang bermerek travel.

BACA JUGA:  Tiba di Pekanbaru, Presiden Langsung Tinjau RSUD Arifin Achmad

“Kalau sebelumnya ful 35 kilo gram dengan berbagai model barang, koper, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Sementara untuk bagasi lain yang bentuknya dos dan koper lain pihak maskapai tidak mengizinkan. Yang paling luar biasa air zamzam tidak bisa lagi disimpan dalam koper jamaah.

Untuk diketahui dari 200 jamaah umroh yang di berangkatkan oleh Salwa Tours Butur yang kelima kalinya tahun 2022 tersebut terbagi di beberapa daerah diantaranya Baubau sebayak 29 Jamaah, Butur 67 Jamaah,Kendari 65 Jamaah, Muna 32 Jamaah dan Wakatobi 7 Jamaah.

Laporan : Man

Total Views: 601 ,

Comment