News  

Sarana Air Bersih di Kelurahan Lemo Belum Mengalir, Lurah Harap PUPR Butur Lakukan Tindakan

Yus Asman

BUTON UTARA, SiberSultra.id – Pekerjaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun 2022 yang bertempat di Kelurahan Lemo, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur) tidak mengalir. Warga setempat mengeluh.

Pasalnya, pekerjaan sarana air bersih tersebut selesai dikerjakan di akhir tahun 2022 yang lalu sampai saat ini belum di rasakan sumber manfaatnya oleh masyarakat setempat.

“Sekian tahun masyarakat menunggu adanya sarana air bersih.,di harapkan, di idamkan, allhamdulillah tahun 2022 sudah ada., tapi sampai sekarang TIDAK di aliri air.???.,Bingung bertanya sama siapa.?, ” Tanya Lurah Lemo melalui status Facebook miliknya Laode Ashar.

Saat dikonfirmasi oleh media ini Lurah Lemo, Laode Ashar mengatakan sataunya pekerjaan sarana air bersih ini, akhir tahun 2022 selesai dikerjakan. Sampe hari ini belum jalan airnya.

“Sementara masyarakat bertanya-tanya kapan akan mengalir atau jalan airnya, ” Kata Laode Ashar kepada Sibersultra.id. Sabtu (29/04/2023).

Laode Ashar Mengaku sudah sering melakukan kordinasi dengan pihak dinas terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan umum dan tata ruang (PUPR) Kabupaten Butur tetapi tidak mendapatkan kepastian yang jelas.

BACA JUGA:  Agus Flores: Jika masih ada Judi di Bali, Tulis Beritanya

“Saya sudah cape hubungi pihak PUPR Butur, sampai sekarang tidak ada solusi,” terangnya.

“Berapa minggu kemudian saya hubungi lagi tetapi jawabanya rusak mesinya karena terkena petir,” Imbuhnya menambahkan.

Selanjutnya, terakhir hubungi pihak terkait mengatakan bahwa sudah diperbaiki Tetapi yang menjadi kendala panelnya Rusak. Dan sementara di pesan barangnya.

“Terakhir saya hubungi Itu di awal puasa. Sudah tergolong lama mereka pesan barang tersebut, sampai hari ini belum ada informasi lebih lanjut dari pihak PUPR Butur,” jelasnya.

Selaku Lurah Lemo, Dirinya Mewakili masyarakat berharap agar terkait sarana air bersih tersebut secepatnya di fungsingkan.

“Saya mewakili masyarakat Kelurahan lemo berharap kepada PUPR Butur agar persoalan ini secepatnya di selesaikan,supaya masyarakat punya kepercayaan terhadap dinas terkait,” harapnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi Kadis PUPR Butur Mahmud Buburanda mengarahkan untuk meghubungi kepala UPTD nya karena dirinya belum mendapatkan laporan sampai sekarang.

“Hubungi kepala UPTD nya karena saya belum dapat laporan sampai sekarang, kemarin infonya mesin di kabatengka rusak karena terkena petir, nanti kepala UPTD nya yang jelaskan,” ucap Kadis PUPR Kepada Sibersultra.id via Whatsapp. Sabtu (29/04/2023).

BACA JUGA:  Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha, Pemkot Kendari Gelar Pasar Murah

Sementara itu Kepala UPTD SPAM, Muhammad Irvan Ridha Malik menjelaskan kendala mesin yang ada di e’engkoruru (Sumber air baku) akibat terkena sambaran petir sudah teratasi dan pengaliran air ke zona aliran alhamdulillah sudah mengalir seperti semula.

Kemudian, terkait kendala di kelurahan Lemo kami juga sudah melakukan upaya pengaliran pada saat H-2 lebaran. Dan masih ada kendala teknis. Sehingga air tidak sampai ke sana.

“H-2 lebaran kami sudah membuka Gate Valve (katup pembuka/penutup aliran air) Reservoir SOR dan dialirkan secara grafitasi menuju SR (Sambungan Rumah) Kelurahan Lemo, namun masih ada kendala teknis sehingga air tidak sampai ke SR Kelurahan Lemo,” ucap Muhammad Irvan Ridha Malik sapaan akrabnya Vavan ini kepada sibersultra.id.

Lanjut, Vavan mengatakan terkait dengan itu kami sudah berkoordinasi dengan pihak PPK Kegiatan SPAM Kelurahan Lemo karena masih dalam masa pemeliharaan kegiatan SPAM di kelurahan Lemo tahun 2022.

BACA JUGA:  Pemkab Butur Adakan FGD Finalisasi Penyusunan Publikasi, Ridwan Zakariah: Data Itu Penting

Kata dia, sudah berkoordinasi dengan PPK dan pihaknya bersama PPK serta Rekanan akan turun langsung ke lokasi untuk mengecek secara langsung apa yang menjadi kendala.

“Kami sudah berkordinasi dengan PPK ibu Ida, dan hasil konfirmasi PPK bahwa kami bersama PPK dan Rekanan akan segera turun ke lokasi untuk mengecek secara langsung apa yang menjadi kendala, sebab pada saat uji coba awal yang dilakukan oleh pihak PPK dan rekananya airnya itu mengalir,” ucapnya.

Laporan: Asman

Total Views: 459 ,

Comment