Sekda LIRA Konsel Soroti Aktifitas Pemuatan Galian C di Palangga

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID,KONSEL – Sekertaris Daerah (Sekda) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Konawe Selatan (Konsel), Muh. Saiful, soroti aktivitas pemuatan sertu galian C di Kelurahan Palangga Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Pasalnya, aktivitas pemuatan sertu galian C tersebut diduga tidak memiliki ijin galian C atau tidak berbadan hukum. Dimana, material digunakan untuk penimbunan bahu jalan Puunggaluku-Alangga.

Dimana diketahui, proyek penimbunan bahu jalan Puunggaluku-Alangga merupkan proyek dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan oleh CV. ANNUGRAHA RIA dengan nilai kontrak Rp.2.832.893.000, 00 TA. 2022 dilaksanakan CV. ANUGRAH RIA

“Untung saja kemarin kami lewat dan melihat langsung aktivitas itu. Dan benar saja, aktifitas itu tidak memiliki ijin. Temuan ini Sangat kami sayangkan, karena tidak adanya kontrol dari aktivitas tersebut,”kata iful kepada media sibersultra.id pada, Rabu (27/7/2022).

BACA JUGA:  Pimpin Apel Gabungan, Bupati Butur Dorong Semua Unsur Agar Peduli Lingkungan

Akan hal itu, Saiful ikut menyayangkan pihak aparat Kepolisian, baik Polsek Palangga maupun Polres Konsel yang membiarkan adanya aktivitas pemuatan material berjenis sertu itu.

“Padahal jarak antara pemuatan material, dengan Polsek sangat dekat kenapa masih juga dibiarkan adanya pencurian material tersebut. Sementara Polsek Palangga adalah Representatif Polres Konsel,” ungkapnya.

Seharusnya lanjut Iful, sebagai aparat penegak hukum tak membiarkan adanya aktivitas tersebut. Apalagi dalam kegiatan itu, tidak ada yang menjamin terjadinya lakalantas.

BACA JUGA:  Kejati Sulsel Lakukan Pengeledahan di Kantor BPN Sulsel dan Kediaman Tersangka AA Secara Serentak

“Seharusnya, pihak pemakai jalan dalam hal ini perusahan harus menyiapkan mobil water tang, untuk mengantisipasi adanya dampak dan kecelakaan Lakalantas,” katanya dengan nada kecewa.

Lebih lanjut, Saiful juga menghimbau masyarakat Kecamatan Palangga untuk menyempatkan diri menyambangi kantor Polsek Palangga guna menyampaikan adanya aktivitas pemuatan sertu galian C.

Sementara, Bupati LIRA Konsel Surdiman mengaku sudah mempertanyakan langsung adanya aktivitas ke Polsek Palangga. Akan tetapi, penjelasan salah satu anggota menyampaikan, bahwa aktivitas tersebut Polsek tidak tahu menahu.

“Kemudian Polsek juga sampaikan, bahwa pekerjaan ruas jalan Pungaluku-Alangga belum sama sekali menyurat ke Polsek terkait adanya pemuatan material sertu galian C,” katanya.

BACA JUGA:  Keterlaluan! Oknum Polisi Pemerkosa Anak SD Hanya Divonis 1 Tahun 10 Bulan Penjara

Olehnya itu, Surdiman mendesak Kapolres Konsel segara evaluasi kinerja Polsek Palangga atas kurangnya atensi dalam melaksanakan tugas yang melakukan pembiaran aktivitas pemuatan sertu ilegal di wilayah hukum Polsek Palangga.

 

Laporan:Tim

Total Views: 488 ,

Comment