Daerah  

Serahkan 2.491 Kartu E-KUSUKA, Sekda Butur Ajak Nelayan Dukung Pelestarian Lingkungan

Yus Asman

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) Muhammad Hardhy Muslim menyerahkan secara simbolis 2.491 Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan secara elektronik (E-KUSUKA) kepada masyarakat Nelayan di Butur, bertempat di Kantor Kelurahan Lakonea, Kecamatan Kulisusu.Kamis (1/9/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan dalam percepatan pelayanan peningkatan kesejahteraan serta menciptakan efektifitas dan efisiensi program pemerintah.

Dimana Pemerintah Kabupaten Butur melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bekerjasama dengan pihak Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ereke.

Dalam kesempatan itu, Sekda Butur Hardhy Muslim mengatakan bahwa dengan perkembangan teknologi telah diberi kemudahan serta kelancaran beraktivitas, baik didalam pelayanan pemerintahan, teknologi juga bisa dimanfaatkan sebagai penunjang dalam percepatan peningkatan produktivitas masyarakat.

BACA JUGA:  Dituding Tolak Pasien Berobat, Ini Penjelasan Direktur RSUD Butur

Hardhy Muslim mengungkapkan kehadiran KUSUKA merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam melayani memberikan perlindungan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya kepada pelaku usaha yang berkecimpung di dunia Kelautan dan Perikanan.

“Nelayan juga dapat memanfaatkan Kartu KUSUKA untuk melakukan transaksi online, memudahkan akses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta memudahkan dalam pengajuan asuransi nelayan,” ungkapnya.

Kata dia, Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Buton Utara cukup kaya, dan kalau dikelola dengan baik, maka upaya percepatan peningkatan Kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Lanjut Hardhy Muslim menjelaskan Pemerintah Kabupaten Butur saat ini tengah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk membangun komunikasi intens dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI Moeldoko selaku Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

BACA JUGA:  Aliansi Pemerhati Wakorut Lakukan Unjuk Rasa, Minta Plt Lurah Labuan dan Camat Wakorut Dicopot

“Sebab, Potensi SDA kita cukup besar, perlu di promosi agar bisa mendapat perhatian dari banyak pihak termasuk investor,” jelasnya

Diakhir sambutannya, Hardhy Muslim juga mengajak masyarakat nelayan untuk mendukung program pemerintah, terutama dalam pelestarian lingkungan, lebih khusus pembangunan di sektor kelautan dan perikanan.

Sebab, Menurutnya sektor ini cukup menjanjikan bagi masa depan Butur, dimana merupakan pemilik kawasan mangrove terluas di Sulawesi Tenggara,

“Maka keberlanjutan dan pelestarian lingkungan pesisir menjadi tanggung jawab kita bersama,” tutupnya.

Dalam Penyerahan kartu E-KUSUKA tersebut Sekretaris Daerah Butur Muhammad Hardhy Muslim, didampingi Plt.Kadis Perikanan Dan Kelautan Laode Muhammad Said, serta Pimpinan Cabang BNI Ereke.

Sementara itu jumlah sebaran penerima Kartu E-KUSUKA Kabupaten Butur sebagai berikut : Kecamatan Kulisusu 1.106 Kartu, Kecamatan Kulisusu Barat 159 Kartu, Kecamatan Kulisusu Utara 482 Kartu, Kecamatan Kambowa 165 Kartu, Kecamatan Bonegunu 354 Kartu dan Kecamatan Wakorumba Utara 225 Kartu.

BACA JUGA:  Diduga Terjadi Praktek KKN, Korsa Sultra Bersatu Minta Kejati  Periksa Rektor UHO

 

Laporan: Redaksi

Total Views: 294 ,

Comment