Daerah  

Sintesa Menyelenggarakan Pelatihan Teknologi Pertanian Agroekologi di Desa Ronta 

Yus Asman
Ketgam: Pelatihan Teknologi Pertanian Agro ekologi di Desa Ronta.

BUTON UTARA, SiberSultra.id – Yayasan Bina Potensi Desa (Sintesa) Menyelenggarakan Pelatihan Teknologi Pertanian Agroekologi di Desa Ronta, Kecamatan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara (Butur), tepatnya di balai kemasyarakatan Desa setempat. Selasa (23/05/2023).

Dalam Sambutanya Direktur Sintesa Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhamad Sudair mengajak masyarakat untuk memikirkan kembali bagaimana agar tanah pertanian menjadi sehat, tidak hanya subur.

Muhamad mengatakan di sektor pertanian kita dihadapkan berbagai macam persoalan, dan mulai banyak tantangan.

BACA JUGA:  Sejahterakan Petani, Pemdes Warinta Perbanyak Buka Jalan Usaha Tani

“Maka dari itu kita bersama-sama pemerintah, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk mempersiapkan dan memberikan pengetahuan bagaimana kita merubah teknologi sehingga bisa bertahan,” ungkapnya.

Kata dia, kegiatan Pelatihan Agroekologi bertujuan untuk ramah lingkungan membuat pupuk organik padat, organik cair, untuk menjadi tanah yang sehat tidak hanya subur.

Sementara itu, Kades Ronta yang di wakili oleh Kaur Perencanaan Desa Ronta, Riat dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada Yayasan Sintesa yang telah menyelenggarakan kegiatan luar biasa.

BACA JUGA:  Ruangan Kerja Kabid Trantib Pol-PP Kabupaten Butur Disegel 

“Semoga bermanfaat untuk kami, menginspirasi dan menumbuh kembangkan kreativitas bagi kami, juga membantu perekonomian didesa kami tercinta ini,” harapnya.

Untuk diketahui, Kegiatan tersebut digelar selama dua Hari mulai dari tanggal 23 – 24 Mei 2023 dan Peserta pelatihan yaitu kelompok tani dibawah naungan Sintesa gabungan masyarakat desa Ronta dan Rante Gola, serta Penyuluh pertanian Kecamatan Bonegunu.

Reporter : Riat

Total Views: 499 ,

Comment