Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha, Pemkot Kendari Gelar Pasar Murah

Yus Asman
Ketgam: Sekot dan Ketua DPRD Kendari saat memantau pelaksanaan pasar murah.

KENDARI, Sibersultra.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar pasar pangan murah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat jelang lebaran Idul Adha 29 Juni nanti. Senin (26/06/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan, selain dilakukan Pemkot Kendari, pasar murah juga dilaksanakan serentak se Indonesia. Dimana, tujuanya untuk mendukung semua pihak dalam membantu masyarakat jelang lebaran.

“Pasar murah kali ini berjalan lancar, tadi Bulog juga sudah beberapa kali menambah stoknya. Saya juga sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut serta dan mendukung pasar murah ini,” ujar Ridwansyah Taridala.

BACA JUGA:  Panitia Pelaksana Rampungkan Persiapan Mubes Pembentukan IKA Smansaku 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari Hasria Mahmud menjelaskan, selain stabilisasi pasokan dan harga pangan, pasar murah dilakukan, juga untuk memecahkan rekor dunia Gerakan Pangan Murah (GPM).

“Kita menjaga kestabilan harga dan menekan inflasi, serta menyediakan kebutuhan pangan masyarakat jelang lebaran Idul Adha,” ungkapnya.

Hasria mengungkapkan, pasar murah berhasil menyediakan 13 komoditi kebutuhan pokok masyarakat jelang lebaran Idul Adha, seperti minyak goreng yang dijual Rp14 ribu per liter, gula pasir Rp14 ribu per kilogram, beras Bulog Rp45 ribu per 5 kg, bawang merah dan bawang putih Rp30 ribu-Rp 40 ribu per kilogram, telur Rp56 ribu per rak dan daging beku Rp100 ribu per kg.

BACA JUGA:  Kapolda Kaltim Top Markotop, Tangani Limbah Masyarakat Kutim dan PETI di KM 48 Samboja

“Pasar murah ini melibatkan sejumlah pihak, di antaranya Bulog Sultra, Dinas Pertanian, dan para distributor sehingga harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga di pasar,” jelas Hasria.

diketahui, dalam pasar murah tersebut juga hadir, Ketua DPRD, Kepala BPS, Perwakilan Bulog Sultra, Forkopimda, dan sejumlah Kepala OPD Kota Kendari.

Laporan: Edi.

Total Views: 575 ,

Comment