Tiap Hari Raya Idul Fitri, Kelurahan Bone Lipu Gelar Acara Tahunan Seni Tarian

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, BUTON UTARA– Demi menjaga tradisi leluhur setiap tahunya kelurahan Bone lipu kecamatan Kulisusu kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar Acara Tahunan Seni tarian dan Budaya tepatnya Bone Lipu (Kampo enta). (1/5/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dari hari senin sampai rabu, dimana kegiatan tersebut di buka langsung oleh lurah bone lipu Saharuddin, SP.

BACA JUGA:  Miris!!! 15 Desa di Butur SPJ Tahap III 2022 Belum di Verifikasi DPMD Butur

” kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya sebagai tradisi warisan leluhur kita yang perlu kita jaga dan dilestarikan sebuah kunci kekayaan budaya kelurahan bone lipu,”Ungkap Lurah Bone Lipu Saharuddin dalam sambutanya pada Minggu (1/5/2022).

Lurah Bone Lipu menjelaskan bahwa Seni tarian dan budaya kelurahan bone lipu yang dilakukan setiap idul fitri yakni Kasosongko, alionda, ngibi, manca, balumpa dan podero.

BACA JUGA:  47 Peserta Siap Berlaga Rebut Hadiah Utama 50 Juta Dalam Ajang Butur Turnamen Balap Ketinting

Tak lupa pula selama proses kegiatan berlangsung Saharuddin menghimbau kepada panitia kegiatan dan masyarakat bone lipu untuk mengikuti protokol kesehatan mengingat masih suasana covid19.

Laporan : Darson

Total Views: 620 ,

Comment