Tingkatkan Pengetahuan Berbahasa Inggris, LKP Mecks Butur Menggelar Joint Meeting

Yus Asman
LKP-MECKS Butur Menggelar internal joint meeting bertempat di desa malalanda kecamatan Kulisusu.Minggu (2/10/2022).

BUTON UTARA, SIBERSULTRA.ID – Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa Inggris Maksum Roy English Course Kulisusu (LKP-Mecks), Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar kegiatan internal joint meeting bertempat di desa malalanda kecamatan Kulisusu.Minggu (2/10/2022).

Kegiatan Joint meeting kali ini dilaksanakan selain untuk lebih meningkatkan cakap dalam berbahasa Inggris ini juga bertujuan agar anak didik LKP Mecks saling mengenal satu sama lain sesama anak kursus.

Negeri ini adalah negeri yg memiliki banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA) di bidang pariwisata yang lumayan perhatian para wisatawan baik turis domestik maupun mancanegara.

Maka peningkatan SDA perlu ditingkatkan salah satux tenaga Tourguide sejak dini dan anak-anak selalu menarik minat para wisatawan dengan kepolosan dan tingkah lucu mereka.

Hal itu dikatakan ketua LKP Mecks Butur Maksum Roy,S.Pd kepada awak media.Minggu (2/10/2022).

“Anak-anak didik ini suka dengan kegiatan seperti ini dan ingin saling mengenal dengan anak didik lainya, sehingga hari ini kami lakukan Meeting bersama ,” Kata Maksum yang juga selaku Guru SMA Negeri 2 Kulisusu.

Maksum menjelaskan kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan, kata dia, ini sudah yang kedua kalinya selanjutnya dua Minggu depan akan digelar di ereke.

“Kegiatan internal joint meeting yang kedua kalinya ini adalah gabungan internal LKP Mecks Butur antara anak kursus dari Rombo bersama anak kursus Ereke,” ujarnya.

BACA JUGA:  Komisi III DPR RI Berikan Dukungan kepada Kejaksaan RI untuk Menjaga Netralitas Pemilu 2024

Lanjut, Maksum mengungkapkan peserta yang hadir dalam kegiatan kali ini anak didik yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), sebenarnya dengan anak didik yang sudah menduduki bangku SMA tetapi karena ada kegiatan lain sehingga tidak sempat hadir.

“Tempat kursus saat ini masih 5 tempat, kedepan kami rencana akan menambahkan tempat kursus lagi yang bertempat di wilayah pasar lama Butur,” ungkapnya.

Lanjut, Adapun 5 titik atau tempat kursus terebut diantaranya les Privat desa Rombo,Les Privat Mina-minanga,Les Privat Wandaka,Kursus Ereke, dan Les privat Wandaka.

“Les Privat desa Rombo tingkat SMP dan SMA mulai dari Hari Selasa – Kamis jam 2:00 – 3:30 Wita dan dilanjutkan tingkat Sekolah Dasar mulai dari jam 3.30 – 5:00 Wita,” jelasnya.

Sementara untuk Les Privat Mina-minanga mulai hari Rabu – Minggu jam 3:00 PM – 4.30 PM, Les Privat Wandaka Hari Selasa malam – Kamis malam jam 7.30 PM – 9:00 PM.

“Dan Kursus Ereke bertempat di Rumah saya sendiri untuk tingkat SD Hari Senin – Sabtu Jam 2:00 PM- 3:30 PM dan Al Kiszhar Briliant Virendra untuk tingkat SMA dari Hari Rabu – Sabtu mulai dari jam 3:30 PM – 5:00 PM,” jelasnya.

Selaku Ketua LKP Mecks Butur dirinya mengharapkan kedepan kepada anak didik ini paling tidak akan didampingi dulu diajak berkenalan dengan turis dan suatu saat akan menjadi Cikal bakal tourguide atau pemandu wisata.

BACA JUGA:  Viral Video Curhatan Istri Salah Satu Anggotanya, Ini Penjelasan Kapolres Tegal

“Semoga anak didik kami kedepan bisa menjadi Cikal bakal tourguide atau pemandu wisata,” harapnya.

Diwaktu yang sama Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Butur, Aswin Syafiuddin menambahkan Kegiatan ini juga dilaksanakan bertujuan untuk Melatih anak-anak ini supaya bisa menghilangkan rasa grogi dan bisa langsung spek English bersama orang barat langsung. Sehingga mereka semangat giat terus untuk memperbaiki bahasa Inggrisnya.

“Kami akan selalu mendorong kegiatan positif seperti ini karena ini juga bisa menjadi modal bagi mereka kedepan,” pungkasya.

Semntara itu, Ketua sanggar Mawar Buton Utara Harmilati, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat positif disamping menambah kepercayaan diri peserta kursus untuk berbahasa inggris juga dapat mempererat tali silaturahmi antar peserta kursus maupun orangtua peserta kursus.

“Karena kegiatan ini juga dihadiri oleh orangtua peserta kursus” kata Harmilati yang juga salah satu Guru SMA Negeri 2 Kulisusu.

Sedangkan menurut Waode Suliana, S.Pd. selaku orangtua dari Salah satu peserta atas Nama Raifatun Nisa, Kelas 4 SD, mengatakan bahwa besar harapannya agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan Kali ini saja Akan tetapi ini bisa menjadi agenda bulanan LKP-MECKS atau Lembaga Kursus dan Pelatihan Maksum Roy English Course of Kulisusu.

Kegiatan itu pula juga di dihadiri oleh Jihan Asfia Hamida selaku pemerhati bahasa inggris mengatakan bahwa Kegiatan itu cocok banget untuk anak-anak pesisir Buton Utara.

BACA JUGA:  Kapolda Jateng Resmikan 14 Polsubsektor Baru

“Untuk edukasi dan knowledge agar bisa berbahasa inggris,”kata Jihan Asfia Hamida asal Solo yang bekerja di Depag Butur yang akrab dipanggil Mbah Jihan.

Berdasarkan pantauan awak media terlihat peserta anak-anak didik dari LKP-Mecks Butur bersama Pasutri asal Sidney Australia Mr. Thomas Janic dan Mrs Patricia Janic yg berbincang melalui video call whatsapp tertawa terpingkal-pingkal menyaksikan kelucuan anak-anak peserta.

Awalnya mencoba kabur sebelum akhirnya anak didik LKP-Mecks bergantian mau bercakap-cakap meskipun masih kadang tersendat-sendat.

Untuk Diketahui Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Butur, Drs. Amaluddin Mochram, M.Si selaku Pemerhati Bahasa inggris yang pernah bertugas sebagai ketua panitia pada program kunjungan kapal Yatchtboat asing “Wonderful Sail Indonesia atau WS2I Visit buton Utara” pada tanggal 13-16 agustus 2017 silam.

 

Laporan: Redaksi.

Total Views: 808 ,

Comment