Tudingan PAR Sultra Dinilai Tidak Mendasar dan Mencemari Nama Baik, Ketua APDESI Butur Bakal Melapor di Kepolisian

Yus Asman

SIBERSULTRA.ID, Buton Utara – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Buton Utara (Butur), Bardimin, angkat bicara terkait adanya tudingan Ketua Pejuang Aspirasi Rakyat (PAR) Sulawesi Tenggara (Sultra) Radianto Kepada Anggotanya.

Bukan tanpa sebab, menurut Bardimin, tudingan yang dilayangkan Ketua PAR Sultra terkait Kades Banu-Banua Jaya (BBJ) yang diduga mengelola anggaran tidak sesuai RAB tersebut dianggap tidak mendasar.

“Kami dari APDESI Kabupaten Butur merasa keberatan terkait laporan Ketua PAR Sultra, karena tuduhan tersebut tidak mendasar,” ucap Ketua APDESI Butur, Bardimin saat ditemui awak media, pada, Sabtu (06/01/2024).

Kata dia, Berdasarkan fakta di lapangan beberapa item pekerjaan yang dimaksud sudah sesuai tahapan dan sesuai RAB. Tuduhan-tuduhan ini terbantahkan dengan fakta di lapangan.

“Adanya tuduhan tersebut kami dari APDESI merasa keberatan, karena hal itu kami akan menuntut balik karena kades BBJ Saharul Merasa dirugikan. Ini tentang nama baiknya,” tegasnya.

BACA JUGA:  Buka Resmi Festival Butur Fishing Tournament, Ridwan Zakariah Imbau Angler Jujung Tinggi Spotivitas 

Bardimin berpesan, agar ini menjadi bahan perhatian oleh seluruh masyarakat terkait laporan-laporan. kalau tidak mendasar jangan langsung mengambil langkah pelaporan. Karena suatu pembangunan di desa berdasarkan Musyawarah Desa.

“Bukan keinginan Kades untuk tidak membangun, tetapi Semua yang dilakukan terkait pembangunan Desa di lakukan musyawarah, Sehingga mungkin hal yang menjadi tudingan tersebut kami APDESI Butur merasa keberatan,” ujarnya.

Karena adanya hal itu, Kades Kadacua ini mengatakan, pihaknya akan ke Polres Butur untuk melakukan pelaporan secara resmi terkait pencemaran nama baik Kades BBJ yang di lakukan oleh Ketua PAR Sultra.

“Kami dari APDESI Butur akan melaporkan hal ini. Rencananya kami bersama-sama seluruh Kades akan ke Polres Butur untuk melakukan pelaporan pada hari senin depan,” tegas Bardimin.

BACA JUGA:  Wakil Jaksa Agung: RSU Adhyaksa Tidak Hanya Untuk Kesehatan Yustisial, Namun Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Masyarakat

Terkahir, Ketua APDESI Butur ini menegaskan, agar kiranya Ketua PAR Sultra untuk segera melakukan klarifikasi karena tudingan yang dilayangkan tersebut telah mencemari nama baik Kades BBJ dan di anggap Keliru.

Sementara itu Kades BBJ, Saharul mengatakan, bahwa tudingan yang dilayangkan Ketua PAR Sultra tersebut tidak benar, pasalnya dari semua pekerjaan yang dilakukan pemerintah Desa ditahun 2023 dikerjakan sudah sesuai RAB yang di anggarkan di APBDes.

“Saya bekerja sesuai RAB dan tidak melenceng dari RAB, disitu ada pendamping desa dan ada konsultanya,” ucap Saharul Kepada Awak Media Saat di temui di kediamannya di Desa BBJ, Sabtu (06/01/2024).

Kemudian, Sahrul menambahkan, pekerjaan pembangunan jembatan tahun 2023 itu juga pihaknya mengerjakan sesuai dengan RAB, Begitu pula pengadaan Posyantek perahu fiber.

BACA JUGA:  Viral DPRD Samarinda Akan Tutup Tambang Batubara sampai 2026, Disahuti Ketum Perkumpulan Wartawan FRN

Terkait peruntuhkannya, perahu fiber tersebut mempunyai penanggung jawab dan itu sudah melalui kesepakatan bersama dengan warga desa setempat.

“Jadi perahu fiber tersebut tidak digunakan secara pribadi akan tetapi jika ada warga desa yang ingin menggunakan perahu tersebut itu bisa dipakai. Tinggal Komunikasi dengan penanggung jawabnya yang sudah di sepakati bersama,” terangnya.

Laporan: Redaksi.

Total Views: 3956 ,

Comment