Daerah  

Wabup Butur Lauching KMB di 2 Desa Sekaligus Penandatanganan Deklarasi Damai Kerukunan Umat Beragama

Yus Asman

BUTON UTARA, Sibersultra.id – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Buton utara (Butur) Ahali, secara resmi Melauching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Desa Triwacu-wacu Kecamatan Kulisusu dan Desa Dampala Jaya Kecamatan Kulisusu Barat Tingkat Kabupaten Butur tahun 2023.

Kegiatan itu, sekaligus Menandatangani Deklarasi Damai Kerukunan Umat Beragama Menyongsong tahun Politik 2023-2024 bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Butur, Rabu (26/07/2023).

Program Kampung Moderasi Beragama (KMB) adalah salah satu program dari Kementerian Agama Republik Indonesia dalam menumbuhkan toleransi antara umat beragama dalam lingkungan masyarakat dan memperkokoh sikap beragama yang moderat dengan berdasar kepada nilai beragama, harmonis dan toleran.

BACA JUGA:  Wabup Butur Terima 26 Mahasiswa KKL Dari STAI YPIQ Baubau

Dalam membacakan sambutan Bupati Butur, Ahali menyampaikan bahwa sangat mendukung dan mengapresiasi program ini, sebab bermanfaat dalam memberikan kemaslahatan diri, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara sehingga tercipta kerukunan, toleransi dan harmonisasi khususnya di Kabupaten Butur.

Esensi dari moderasi beragama tidak hanya sebatas menciptakan suasana hidup rukun antara pemeluk agama, tetapi bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat agar semangat kerukunan beragama terpatri dalam kesadaran masyarakat apapun latar belakangnya.

Lebih lanjut, Ahali berharap bahwa dengan adanya KMB di 2 desa ini, kerukunan masyarakat senantiasa terjalin dengan baik dan mampu menjadi role model khususnya di desa-desa se Kabupaten Buton Utara.

BACA JUGA:  Tolak Perpecahan Jelang Pemilu, Ratusan Mahasiswa Turun ke Jalan Suarakan Dukung Pemilu Damai 2024

“Mari kita terus tingkatkan kerukunan, sebab model pembangunan daerah dan bangsa adalah kerukunan dan mempedomani nilai-nilai pancasila,” tutupnya.

Untuk diketahui, Wakil Bupati Butur, Ahali didampingi oleh Perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Plh. Kanwil Kemenag Kabupaten Butur, yang mewakili Dandim 1429/ Butur serta yang mewakili Kapolres Butur.

Diakhir kegiatan, Wakil Bupati butur bersama Forkopimda, Tokoh Lintas Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Ormas dan beberapa Perwakilan ASN Kabupaten Buton Utara menandatangani Deklarasi Damai Kerukunan Umat Beragama Menyongsong tahun Politik 2023-2024.

BACA JUGA:  Hadiri Pesta Panen Langkumbe Raya, Wakil Bupati Butur: Ikon Budaya Harus Terus Dilestarikan

Laporan: Redaksi.

Total Views: 1068 ,

Comment