Wujudkan Kamseltibcar Lalu Lintas, Polres Butur Gelar Apel Operasi Keselamatan Anoa 2023 

Yus Asman

BUTON UTARA, SS – Tujuan utama operasi keselamatan 2023 yang akan dilaksanakan ini adalah terwujudnya Keamanan, Keselamatan Ketertiban, dan Kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar) serta tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Butur AKBP Herman Setiadi, S.I.K saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Anoa 2023 di halaman Mako Polres Butur, Selasa (7/2/2023).

“Tanamkan kepada masyarakat bahwa untuk mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang harus kita lakukan adalah kepatuhan dan kedisiplinan dalam berkendara,” kata Herman Setiadi

Herman mengatakan guna untuk mengimplementasikan Isntruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013 tentang program dekade aksi keselamatan jalan.

Pengemban fungsi operasional Polri telah menetapkan kalender menjelang Idul Fitri 1444 Tahun 2023 guna meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas di wilayah hukum Polda Sulawesi tenggara (Sultra).

BACA JUGA:  Peduli Lingkungan, Polres Butur  Melakukan Aksi Bersih-bersih di Pantai Membuku

“Untuk mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan presentase kegiatan preemtif 40 persen, preventif 40 persen, dan Gakkum prioritas 20 persen,” ujarnya.

Sementara itu kata dia, untuk penindakan hanya dilakukan secara selektif prioritas terhadap pengemudi yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan mengedepankan pendekatan yang humanis, tanpa perlu target dalam jumlah penilangan.

Melalui penyelanggaraan operasi keselamatan ini maka diharapkan akan tercapai beberapa tujuan, yaitu meningkatnya disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, tercipatanya situasi Kamseltibcar Lantas secara optimal, serta menurunnya angka kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA:  Menjelang Tahun Politik, MUI Gulirkan Sembilan Kesepakatan Ukhuwah Islamiyah

“Tercipatanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran yang akan diimbangi dengan jumlah kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya

Selain itu menurunnya jumlah titik kepadatan arus lalu lintas dengan kehadiran personel lalu lintas di lokasi trouble spot dan black spot.

“Dan sebagai cipta kondisi dalam rangka menjamin terwujudnya Kamseltibcar Lantas menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres Butur menekankan agar selama pelaksanaan operasi tersebut, faktor keamanan, keselamatan dan kesehatan personel diutamakan. Khususnya pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas.

BACA JUGA:  Delapan Hari Lakukan Operasi Patuh Anoa, Polres Butur Berhasil Menjaring Puluhan Unit Kendaraan

“Oleh karena itu, pedomani standar operasional prosedur yang telah ditetapkan,” tegasnya.

 

Laporan: Redaksi

Total Views: 380 ,

Comment